Wow, Pengetahuan Umum Siswa SMAN Diragukan

Monday, March 21st 2016. | DOMPU, PENDIDIKAN SENI DAN BUDAYA
wow-smu-diragukan

Seleksi capas Dompu 2016, pengtahuan umum di ragukan.

LINTASDOMPU.COM – Wawasan dan ilmu penghetahuan umum siswa SMAN yang ada di Kecamatan Woja dan Dompu sangat diragukan. Bahkan ilmu keagamaan yang seharusnya menjadi dasar terpenting dimiliki siswa sebagai umat beragama sangat menyedihkan.

Belum lagi kemampuan berbicara bahasa inggris siswa yang juga sangat buruk meskipun tidak semua siswa. Hal tersebut terbukti pada saat seleksi calon paskibraka Kabupaten yang diikuti oleh 13 sekolah di Kecamatan Woja dan Dompu.

Apalagi seleksi itu diikuti oleh siswa yang berasal dari sekolah unggulan dan terkemuka di Bumi Nggahi Rawi Pahu ini.

Sisi lain dari seleksi itu, kekurangan siswa yang paling menonjol yakni pengetahuan agama islam. Panitia seleksi bahkan tercengang saat mengetahui ada siswa salah satu sekolah di Kecamatan Dompu yang tidak bisa menghafal Do’a untuk orang tua.

Lebih mencengangkan lagi, salah seorang siswa berasal dari salah satu sekolah unggulan di Dompu tidak mengatahui nama Presiden ke 7 (tujuh) Republik Indonesia. Siswa ini menyebutkan SBY lah presiden terakhir padahal seharusnya Joko Widodo.

‘’Mungkin karena pengaruh mental,’’ ungkap Ade Joenaidi salah seorang mantan paskibraka yang menjadi panitia seleksi.

Kekurangan lain yang paling mendominasi yang dialami siswa peserta seleksi capas yakni Ilmu pengetahuan umum menghafal teks proklamasi kemerdekaan.

Hampir 50 persen peserta seleksi tidak sempurna menyebutkan isi teks yang menjadi dasar kemerdekaan negara Republik Indonesia itu.

Ketua Panitia Seleksi Yuhasmin Ismail M.Si mengharapkan seluruh sekolah yang ada untuk memberikan perhatian lebih terhadap transformasi ilmu pengetahuan umum, pengetahuan agama dan bahasa inggris kepada siswa.

Kondisi tersebut sangat menyedihkan dirinya karena siswa-siswa SMAN tidak seharusnya mengalami hal tersebut. Namun ia juga tidak menyalahkan tenaga pendidik di sekolah.

‘’Ini harus menjadi perhatian banyak pihak termasuk orang tua siswa,’’ himbaunya. (iqbal)

Related For Wow, Pengetahuan Umum Siswa SMAN Diragukan