Wisata Pesona Tambora 2016 : Agenda Pagelaran Rimpu dan Pendakian Kaldera di Tolak Bupati

Saturday, March 12th 2016. | DOMPU, KESEHATAN DAN PARIWISATA, PEMERINTAHAN
Pesona Tambora 2016

Pembahasan Agenda Wisata Pesona Tambora 2016

LINTASDOMPU.COM – Bupati Dompu H. Bambang M. Yasin tidak ingin menggelar kegiatan beresiko pada perayaan Wisata Pesona Tambora Tahun 2016 yang dirangkaikan dengan HUT Dompu pada April mendatang. Dalam rentetan agenda kegiatan nanti, pagelaran rimpu dan pendakian bibir kaldera dinilainya berisiko untuk digelar.

Menurutnya, pada perhelatan agenda penting nantinya yang di jadwalkan akan dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla, dua kegiatan tersebut dapat mengundang ancaman keamanan bagi sejumlah VVIP yang hadir bersama rombongan JK.

Khususnya pergelaran rimpu, panitia tidak bisa mengetahui pasti peserta karena wajah ditutupi oleh sarung tenun khas Dompu sehingga dikhawatirkan berpeluang menimbulkan ancaman keamanan.
‘’Kita tidak bisa melihat peserta yang memakai rimpu,’’ ungkapnya dihadapan seluruh pimpinan SKPD saat rapat pra Musrenbang 2016 di pelataran Pendopo Bupati.

Bupati H. Bambang yang didampingi Wabup Arifuddin dan Sekda H. Agus Bukhari menjelaskan selain rimpu, item kegiatan pendakian bibir kaldera juga dinilainya beresiko karena berbahaya bagi tamu yang masih termasuk kategori pendaki pemula.

Ia tidak menginginkan agenda pendakian menjadi tanggung jawab panitia, untuk item kegiatan rimpu diganti dengan penayangan foto dan video slide di kawasan Doro Ncanga dengan menggunakan layar lebar.

‘’Sedangkan kegiatan pendakian diganti saja dengan kegiatan kemah bhakti. Bila ada peserta ingin melakukan pendakian itu bukan tanggung jawab panitia’’ pungkasnya.

Seluruh SKPD terkait dihimbau Bupati H. Bambang agar mengambil tugas dan merencanakan segala sesuatu yang berkaitan dengan pelaksanaan perayaan wisata Pesona Tambora sehingga perhitungan biaya kegiatan bisa dilakukan oleh Dinas PPKAD.

Dalam perayaan wisata pesona tambora nantinya, pemerintah akan membagikan buku panduan bagi seluruh tamu.

‘’Segera lakukan koordinasi dan menyusun kegiatan sesuai tupoksi,’’ ungkap H. Bambang.

Terkait keselamatan dan pengamanan secara keseluruhan atas kehadiran Wakil Presiden, khusus untuk persiapan evakuasi, hal tersebut diberikan kewenangan sepenuhnya kepada BPBD untuk segera merancang sekaligus mempersiapkan konsep-konsep yang berkaitan dengan evakuasi nantinya” ungkap Bupati H. Bambang menambahkan.

Selain itu ‘’Bila perlu kita upayakan kapal evakuasi yang kini menganggur di kantor BPBD dimanfaatkan untuk persiapan dilokasi kegiatan,’’ ungkapnya.

Agenda pacuan kuda, puru jago (bakar jagung bersama) sepanjang 1 (satu) kilo meter, hiburan rakyat, dan lainnya dipastikan tetap dilaksanakan. (iqbal)

Related For Wisata Pesona Tambora 2016 : Agenda Pagelaran Rimpu dan Pendakian Kaldera di Tolak Bupati