Wakil Ketua MK Sambangi Dompu

Thursday, March 10th 2016. | DOMPU, HUKUM DAN KRIMINAL, PEMERINTAHAN
Ceramah Konstitusi di dompu

Ceramah Konstitusi : Peranan MK Dalam Menjaga Marwah Negara Hukum

LINTASDOMPU.COM – Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) DR. H. Anwar Usman menyempatkan diri untuk berkunjung ke Kabupaten Dompu. Kedatangan orang nomor 2 (dua) di MK tersebut adalah untuk memberikan ceramah konstitusi tentang titik singgung putusan MK dengan putusan pengadilan umum dan pengadilan agama pada Kamis 10 Maret 2016.

Dalam kesempatan tersebut DR H Anwar Usman memberikan penjelasan seputar peran dan kewenangan MK dalam menjaga marwah negara hukum. Para tamu yang hadir antara lain dari kalangan birokrasi, DPRD, Muspida lingkup Kabupaten Dompu, Kabupaten Bima, Kota Bima, Kabupaten Sumbawa dan KSB. Serta tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda juga turut mendapatkan wejangan mengenai hukum di Indonesia, termasuk dasar hukum yang menjadi landasan pembentukan MK.

‘’Revisi UU Nomor 1 Tahun 1945 yang merupakan landasan pembentukan MK,’’ ungkapnya dihadapan Bupati H. Bambang M. Yasin, Wabup Arifudin dan Ketua DPRD Yuliadin yang juga hadir dalam agenda penting tersebut.

Setelah menjelaskan secara singkat persoalan hukum, pria berdarah Mbojo (Bima) ini kemudian memberi kesempatan kepada konstituen yang hadir untuk mengajukan pertanyaan apa saja yang berkaitan dengan penyelesaian hukum. Sesi tanya jawab diberikan kepada 8 (delapan) orang penanya.

‘’Saya sangat berharap Bupati dan Ketua DPRD Dompu mau mengajukan pertanyaan apapun,’’ terangnya.

Sebelumnya DR Andriyani Nurdin SH, MH dalam kesempatannya sebagai keynote speaker menyampaikan rasa bangganya atas terobosan baru MK yang berkaitan dengan putusan terhadap undang-undang perlindungan anak.

‘’Terobosan ini merupakan langkah penyelamatan bagai anak terlantar,’’ jelas Ketua Pengadilan Tinggi NTB ini.

Sedangkan Bupati Dompu H. Bambang M. Yasin pada sambutannya merasa bersyukur atas kunjungan unsur pimpinan MK tersebut. Menurutnya, butuh waktu yang sangat lama untuk mendapatkan giliran kunjungan pimpinan MK ke Bumi Nggahi Rawi Pahu bila dilihat dari banyaknya jumlah Kabupaten / Kota di Indonesia.

Usai memberi ceramah Wakil Ketua MK didampingi Bupati dan Wabup Dompu beserta rombongan mengunjungi areal tanaman jagung petani yang menjadi komoditi andalan Pemerintah dan masyarakat Dompu. (iqbal)

Related For Wakil Ketua MK Sambangi Dompu