Tradisi Cera Labu Warnai kegiatan FPT

Friday, April 13th 2018. | KOMINFO, NASIONAL, PEMERINTAHAN

LINTASDOMPU.COM – Prosesi Cera Labu turut memeriahkan rangkaian kegiatan HUT Dompu ke 203 dan Festival Pesona Tambora (FPT) 2018 yang dilaksanakan di Desa Soro, Kecamatan Kempo pada Senin (9/4/2018). Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menyelenggarakan acara yang merupakan tradisi tahunan masyarakat setempat dimana sebagian besar bermata pencaharian sebagai nelayan.

Tradisi Cera Labu atau selamatan laut merupakan sebuah prosesi budaya tahunan yang dilakukan oleh para nelayan lokal sebagai wujud rasa terima kasih kepada Yang Maha Kuasa atas rejeki laut yang melimpah dengan melarungkan 1 buah kepala kerbau dan beberapa hasil alam lainnya.

Wakil Bupati Dompu, Arifuddin, SH, berharap agar ke depannya tradisi ini dapat dilaksanakan lebih meriah lagi dari tahun sebelumnya karena tradisi tersebut merupakan tradisi lama yang tetap dilakukan khususnya oleh masyarakat Desa Soro

”besar harapan saya acara Cera Labu mendatang dapat dirangkaikan dengan kegiatan lain seperti lomba dayung agar lebih meriah” ujarnya.

Setelah Wakil Bupati melarungkan sesajen di lokasi yang dinamakan Toro Ruma, di mulailah momen yang di tunggu-tunggu oleh para warga maupun para tamu yang hadir di acara tersebut yaitu aksi saling siram di tengah laut. Sekitar 10 perahu hias telah siap “tempur” bersama para penumpangnya sekitar 8-10 warga, mereka melakukan aksi saling siram dengan penumpang perahu lain bermodalkan ember atau gayung dengan mengambil langsung air laut tersebut. Dan keseruan pun dimulai.

Basah kuyup tidak hanya dirasakan oleh warga di tengah laut, tapi juga harus dinikmati oleh warga dan tamu yang berdiri sepanjang jalan wilayah desa soro, tidak ada satu orang pun yang bisa luput dari aksi siram menyiram, baik pejalan kaki maupun para pengendara roda 2 dan roda 4 yang melintas di lokasi tersebut.

Di akhir sambutannya, Wakil Bupati berpesan kepada seluruh tamu yang hadir untuk tetap menjaga kondusifitas dan keamanan menjelang Pilkada yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Kegiatan ini dihadiri pula oleh Ketua Pengadilan Negeri Kabupaten Dompu, Asisten Pemerintah dan Aparatur Setda Kab. Dompu, pejabat eselon II lingkup Pemerintah Kabupaten Dompu serta para camat dan Kepala Desa se Kecamatan Kempo. Acara berlangsung meriah dan berakhir pada pukul 11.00 wita. (Adv**)

Related For Tradisi Cera Labu Warnai kegiatan FPT