Tiap Tahun Kementan Gelontorkan Bantuan Jagung Untuk 129 Ha lahan pertanian di Dompu

Monday, April 9th 2018. | KOMINFO, NASIONAL, PEMERINTAHAN, PERTANIAN

LINTASDOMPU.COM – Setiap tahunnya pemerintah pusat melalui Kementerian pertanian menggelontorkan bantuan bibit jagung untuk 129 ribu hektarar kepada petani diKabupaten Dompu NTB.

Bantuan bibit jagung ini dialokasikan melalui pemerintah Provinsi secara rutin setiap musim tanam agar para petani tidak kesulitan mendapatkan bibit jagung.

Selain itu juga para petani bisa lebih makmur dan sejahtera karena mendapatkan bibit secara gratis. dengan begitu biaya yang dikeluarkan petani dalam mengembangkan komoditi jagung tidak terlalu berat sehingga pada saat panen nanti memperoleh keuntungan berlimpah.

”Jadinya petani bisa lebih menekan angka pengeluarannya,” ujar kepala bidang tanaman pangan Dinas Pertanian tanaman pangan dan perkebunan kabupaten Dompu NTB Syahrul Ramadhan SP saat ditemui diruangannya.

Bukan hanya jagung saja, Pemerintah juga memberikan bantuan bibit padi dan kedelai kepada petani. hal ini dilakukan pemerintah untuk meningkatkan lumbung pangan pertanian.

Khusus untuk komoditi kedelai, pemkab Dompu menargetkan penanaman 8000 ribu hektar ditahun 2018 ini. Dalam penargetan yang besar ini pihaknya tentu saja membutuhkan kerja ekstra dari PPL dan UPTD setiap kecamatan dalam mendampingi petani.

”Itu sudah kami koordinasikan dengan intens supaya realisasi target dapat tercapai nantinya,” Jelas Syahrul.

bagi petani yang ingin mendapatka bantuan ini secara gratis akan dilakukan pendataan oleh PPL melalui kelompok tani kemudian dikirim datanya di pusat. kemudian Pemerintah pusat akan merekomendasikan kelompok-kelompok yang mendapatkan bantuan sesuai dengan data kelompok tani.

”Bisa juga kelompok tani mendaftar masing-masing ke pusat tentu dengan didampingi oleh PPL cara mengisi formulirnya,” terangnya.(adv***)

Related For Tiap Tahun Kementan Gelontorkan Bantuan Jagung Untuk 129 Ha lahan pertanian di Dompu