Sistem aplikasi Layanan Kepegawaian Pemkab Dompu Terancam di blokir

Thursday, March 2nd 2017. | NASIONAL, PEMERINTAHAN

ILUSTRASI : Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ASN

LINTASDOMPU.COM – Setelah menerima pengaduan dari sejumlah pejabat eselon yang mengalami pencopotan oleh Bupati Dompu H Bambang M Yasin pada awal pertengahan januari lalu, Komisi Aparatur Sipil Negara melayangkan surat rekomendasi resmi kepada Pemkab Setempat. Didalam surat yang terdiri dari beberapa lembar itu, Bupati Dompu H Bambang M Yasin selaku Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK,red) diwajibkan untuk menindak lanjuti surat tersebut dengan menempatkan kembali 6 JPT Pratama ke salah satu dari JPT pratama yang masih lowong.

Begitupula dengan ASN yang sebelumnya menduduki jabatan administrasi ditempatkan kembali pada jabatan eselon yang setara dengan jabatan eselon semula.
Rekomendasi yang ditandatangani lansung Ketua KASN Sofian Effensi itu tertera penjelasan, 23 ASN yang telah dicopot jabatannya dinyatakan KASN melalui pemeriksaan sesuai peraturan perundang-undangan tidak terbukti melakukan pelanggaran sesuai dengan ketentuan undang-undang nomor 5 tahun 2014.

Apabila rekomendasi tersebut tidak ditindak lanjuti oleh PPK atau pejabat berwenang,KASN berhak mengambil langkah pemberian hukuman disiplin kepada PPK sesuai dengan Nota kesepahaman antara KASN dengan BKN tentang kerjasama kelembagaan dalam rangka implementasi manajemen ASN.

Seperti yang dijelaskan ketua KASN Sofian efendi pada website resmi KASN, kepala daerah wajib menyampaikan bukti pelanggaran sejumlah pejabat yang telah dicopot. Bukti itu, lanjut Sofian, merupakan bagian dari proses menegakkan prinsip-prinsip reformasi birokrasi dalam pemerintahan.

”Sanksi terburuk, KASN berhak melaporkan kepada Presiden dan meminta BKN agar dilakukan pemblokiran sistem aplikasi pelayanan kepegawaian (SAPK,red) pada kabupaten/kota yang tidak menindak lanjuti rekomendasi KASN,” ujarnya.

Sanksi terburuk itupun tertulis pada isi rekomendasi yang dilayangkan KASN untuk Pemkab Dompu. Sayangnya, Kepala BKD Dompu Ir Ruslan hingga berita diturunkan belum berhasil ditemui untuk dimintai tanggapannya.

Bupati Dompu H Bambang M yasin yang coba ditemui untuk dimintai tanggapannya belum dapat ditemui, ”Pak Bupati sedang ada acara diluar,” ungka salah seorang ajudannya. (iqbal)

tags:

Related For Sistem aplikasi Layanan Kepegawaian Pemkab Dompu Terancam di blokir