Rute Laut Pelabuhan Pekat Kurang Sosialisasi

Wednesday, May 10th 2017. | DINAS PERHUBUNGAN, KOMINFO, NASIONAL, PEMERINTAHAN

ANGKUT : Aktifitas dipelabuhan Pekat Dompu NTB

LINTASDOMPU.COM – Rute untuk jalur kapal pengangkutan dagang menuju pelabuhan pekat Kabupaten Dompu rupanya telah lama mendapat ijin  dari pemerintah pusat melalui kementerian perhubungan. Selama ini ternyata pemerintah setempat kurang melakukan sosialisasi kepada pengusaha yang ada di Dompu.

Padahal, bila seluruh pengusaha yang ada di Dompu mampu memanfaatkan rute laut pelabuhan pekat maka akan banyak potensi pengangkutan yang bakal terjadi sehingga roda ekonomi di daerah setempat semakin mengalami peningkatan terus menerus.

”Itu sebenarnya potensi yang besar bagi banyak elemen apabila lancar dimanfaatkan pengusaha yang ada,” ujar Sekretaris Dinas Perhubungan Julfaidin SH.

Ia menyayangkan, SKPD terkait lingkup pemerintah setempat belum kompak mensosialisasikan keberadaan ijin rute laut pelabuhan Pekat sehingga hingga saat ini belum maksimal dimanfaatkan.

Meskipun akses jalan darat menuju Kecamatan Pekat masih sulit untuk dilintasi kendaraan bermuatan berat namun hal itu menurut Julfaidin masih bisa  diantisipasi dengan mengurangi jumlah muatan pengangkutan dengan menggunakan kendaraan jenis truck bermuatan standar.

”Semua bisa kita komunikasikan bersama misalnya menetapkan jumlah muatan yang diangkut menuju pelabuhan pekat demi kelancaran dan keselamatan pengangkutan,” terang mantan Kabid Pengawasan Dinas Perhubungan Dompu ini.

Pihaknya pun tengah merancang pola sosialisasi yang mumpuni kepada pengusaha lokal Dompu agar memanfaatkan pelabuhan pekat untuk pengiriman barang dari dalam dan ke luar daerah. (**)

tags: , , , , , , , , , , , , ,

Related For Rute Laut Pelabuhan Pekat Kurang Sosialisasi