Reses Anggota DPRD Dapil II : Minta Layanan Sampah, Warga Bara Jamin Tak Ada Pemblokiran TPA

Wednesday, March 23rd 2016. | WAKIL RAKYAT (LEGISLATOR)
Penyampaian Aspirasi oleh Warga Desa Bara

Penyampaian Aspirasi oleh Warga Desa Bara

LINTASDOMPU.COM – Persoalan pembuangan sampah yang sempat merepotkan pemerintah Kabupaten Dompu kemungkinan besar mendapatkan solusi. Perselisihan pemerintah dengan kelompok warga yang menuntut hak milik tanah selama beberapa tahun sepertinya sudah mencair dari kebuntuan.

Hal ini terungkap pada saat momen penjaringan aspirasi anggota DPRD Dompu Dapil II Muhammad Ikhsan fraksi Nasdem dan Syafrudin fraksi PBB di Desa Bara, (Rabu 23/03/2016).

Salah seorang perwakilan warga Desa Bara, Adi Liman menyampaikan bahwa seluruh warga setempat berkomitmen tidak akan ada warga atau-pun kelompok warga yang berniat melakukan pemblokiran TPA Bara.

Untuk hal tersebut, Adi Liman memberi jaminan kepada pemerintah asalkan seluruh warga Desa Bara diberikan pelayanan pengangkutan sampah secara gratis.

‘’kami seluruh warga sudah menyepakatinya melalui berbagai musyawarah,’’ ungkapnya dihadapan anggota DPRD dan warga yang hadir di aula kantor Desa Bara.

Kondisi pembuangan sampah di Desa Bara saat ini memprihatinkan, lapangan bola dan bantaran sungai terpaksa menjadi sasaran pembuangan sampah oleh warga yang tentu mengundang berbagai penyakit.

Adi Liman juga meminta kepada anggota DPRD agar di Desa Bara dilakukan fogging terutama di lokasi TPA. Selain Adi Liman, warga lainnya juga meminta agar pembuatan bronjong disekitar bantaran sungai karena setiap tahun warga Bara menjadi langganan banjir bila musim hujan.

‘’beberapa titik Bibir sungai mengalami longsor dan abrasi tergerus air sungai,’’ ungkap Jaidun warga lainnya.

Perbaikan gang, peningkatan infrastruktur jalan, pembuatan jalan ekonomi termasuk normalisasi sungai juga menjadi aspirasi warga Desa Bara untuk diprioritaskan, karena menyangkut kepentingan masyarakat.

Bantuan sarana dan prasarana pendukung sekolah khususnya SDN 18 dan SDN 42 Woja yang terletak di Desa Bara tidak luput dari aspirasi warga. Kebutuhan lainnya yakni perbaikan Dam yang ada ditengah pemukiman warga karena Dam ditengarai penyebab terjadinya luapan air sungai, serta perbaikan jaringan irigasi pertanian.

Reses anggota DPRD di Desa Bara mendapat apresiasi yang luar biasa dari warga. Tidak heran dua orang ketua fraksi masing-masing partai ini mendapat seabrek gempuran aspirasi. Bagi kedua orang yang telah aspiratif ini justru gempuran aspirasi masyarakat merupakan tantangan pihaknya untuk dapat diperjuangkan.

Menurut Muhammad Ikhsan, seluruh aspirasi warga yang terjaring menjadi skala prioritas pihaknya untuk diperjuangkan pada rapat penganggaran nantinya. Terutama persoalan sampah, dalam waktu dekat ia meyakini bakal mengundang SKPD terkait untuk membahas persoalan itu.

‘’Meskipun kebijakan di DPRD bersifat kolektif kolegian, namun semua aspirasi yang terjaring wajib dipertanggungjawabkan,’’ terang Ketua Fraksi Nasdem ini.

Ikhsan menjelaskan, pihaknya pada Tahun Anggaran 2016 ini telah berhasil memperjuangkan peningkatan kesejahteraan penjaga pintu air melalui APBD Dompu. Disamping itu, pengadaan peralatan pendukung pertanian juga dilakukan tahun ini melalui APBD.

Sementara Ketua Fraksi PBB Syafrudin, pada kesempatan yang sama meyakinkan kepada warga soal perjuangan pihaknya atas aspirasi warga. Namun karena banyaknya aspirasi yang terjaring dan juga menjadi skala prioritas masing-maing Desa dan Kecamatan, ia berharap warga bersabar bila salah satu atau beberapa aspirasi yang menyangkut kepentingan warga belum dapat direalisasikan.

‘’Tetap akan terealisasi hanya saja mungkin waktunya yang tidak bisa sekaligus,’’ jelas Ketua DPC Partai PBB Dompu ini.  (Iqbal)

Related For Reses Anggota DPRD Dapil II : Minta Layanan Sampah, Warga Bara Jamin Tak Ada Pemblokiran TPA