Ratusan Siswa Ikuti Seleksi Capas

Monday, March 21st 2016. | PENDIDIKAN SENI DAN BUDAYA
seleksi paskib dompu 2016

Seleksi Paskibraka Dompu 2016

LINTASDOMPU.COM – Sebanyak ratusan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat mengikuti seleksi Calon Paskibraka (Capas,red) tingkat Kabu

paten Dompu. Siswa siswi ini mewakili 8 SMAN di Kecamatan Dompu dan 5 SMAN di Kecamatan Woja.

Dari sejumlah siswa siswa ini, panitia seleksi Capas hanya akan meloloskan 45 orang siswa siswi yang kemudian bakal mengikuti seleksi lanjutan bersama siswa Capas dari Kecamatan lain. Setelah menyeleksi 2 (dua) Kecamatan ini panitia baru melakukan seleksi untuk 6 (enam) Kecamatan berikutnya.

‘’Setelah semua Kecamatan selesai nanti kita seleksi lagi untuk menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka,’’ ungkap Ketua Panitia seleksi Capas Yuhasmin Ismail, M.Si saat memantau proses seleksi di aula Setda Dompu, Minggu 20/3/2016.

Seperti biasa, pasukan pengibar bendera hanya berjumlah 28 orang saja setalah lolos dari proses seleksi untuk menjalani latihan ekstra keras dari pembina dan senior paskibraka menjelang pelaksanaan upacara pengibaran bendera pusaka pada HUT RI Agustus nanti.

Selain Paskibraka Kabupaten, para siswa yang Capas juga bakal mengikuti seleksi Paskibraka Provinsi yang digelar pada Tanggal 12 April mendatang oleh panitia seleksi dari provinsi. Apabila mampu lolos dari seleksi yang ketat dari panitia provinsi siswa capas akan diorbitkan untuk mengikuti seleksi paskibraka tingkat Nasional.

‘’Tentu saja wawasan umum, keagamaan dan cakap berbahasa inggris,’’ tutur Pejabat teras Setda Dompu ini.

Selama mengikuti seleksi capas Kabupaten, seluruh siswa diuji kemampuan mental, wawasan pengetahuan umum, keagamaan, budaya daerah, dan bahasa inggris. Namun sebelum itu, bagi panitia seleksi beberapa kriteria penting yang menjadi dasar penilaian harus dimiliki siswa Capas.

Kriteria yang paling diprioritaskan panitia yakni tinggi badan dan berat badan yang harus seimbang sesuai standarisasi postur tubuh yang telah ditentukan.

‘’Dua kriteria itu harus terpenuhi terlebih dahulu karena menjadi syarat penting menjadi anggota paskibraka,’’ jelasnya.

Pria yang juga ketua KONI Kabupaten Dompu ini berharap agar calon paskibraka yang berasal dari Kabupaten Dompu tahun ini mampu berkiprah di kancah paskibraka tingkat nasional. Untuk merealisasikan keinginan tersebut pihaknya melaksanakan proses seleksi dengan mengacu pada standarisasi ketentuan paskibraka dengan mengesampingkan kepentingan lain.

‘’Panitia bekerja dengan ketentuan yang ada,’’ tegasnya. (iqbal)

Related For Ratusan Siswa Ikuti Seleksi Capas