Raih 3 Penghargaan MURI, Omset Nggoli 1 Tahun Terjual Sebulan

Saturday, April 1st 2017. | FESTIVAL PESONA TAMBORA 2017, UMUM

MURI : Parade Katente Tembe,Saremba Tembe dan rimpu tembe Nggoli berhasil mendapatkan 3 penghargaan MURI sekaligus

LINTASDOMPU.COM – Parade busana sarung tenun tradisonal yang dikenakan puluhan ribu masyarakat Bumi Nggahi Rawi Pahu berhasil menarik perhatian Museum nasional Republik Indonesia (MURI,red) untuk memberikan tiga penghargaan sekaligus bukan hanya rekor tingkat nasional melainkan Rekor dunia.
Ketiga kategori peraih rekor dunia itu antara lain Kategori Menari dengan Penari menggunakan Katente, Saremba Tembe dan rimpu terbanyak, Kategori Parade busana Katente Tembe, Saremba Tembe dan Rimpu terbanyak dan kategori Rimpu tembe nggoli terbanyak.

Pemecahan rekor MURI ini merupakan pertama kali dilakukan oleh masyarakat diseluruh dunia karena keunikannya sebagai simbol kebiasaan masyarakat setempat.
”Berdasarkan hasil perhitungan tim kami, total jumlah seluruh masyrakat yang mengenakan katente tembe, Sarembe tembe dan rimpu tembe nggoli hari ini sebanyak 27 ribu 11 orang,” ungkap Ketua Tim Muri Awan Rahargo saat ditanyai wartawan sebelum menyerahkan penghargaan MURI kepada BUpati Dompu H Bambang M Yasin dan Plt Kadis Budpar H Ikhtiar Yusuf SH.
Menurut awan pemberian penghargaan itu oleh pihak MURI berdasarkan kategori yang belum dilakukan oleh masyarakat lain bukan hanya di Indonesia melaikan diseluruh dunia. Hingga pada tahun 2017, pihak Muri telah menerbitkan dan menyerahkan 7.811 penghargaan termasuk untuk tiga penghargaan kepada masyarakat Kabupaten Dompu.

Ia berharap kepada seluruh elemen untuk menjaga dengan baik penghargaaan yang telah diberikan pihaknya tersebut.

”Ini termasuk parade yang unik. Selamat kepada seluruh masyarakat atas penghargaan ini,” ujarnya.

Sementara itu persiapan parade secara besar-besaran oleh masyarakat ini jauh hari sebelumnya sangat memberikan keuntungan luar biasa bagi pengrajin lokal sarung tenun Nggoli yang ada di dompu bahkan pengrajin yang berada di daerah tetangga.
Bayangkan saja, stok sarung tenun pada setiap pengrajin di Dompu habis terjual termasuk stok sedari tahun sebelumnya.

Kehabisan stok sarung tenun pada pengrajin lokal inilah yang memberi keuntungan bagi pengrajin sarung tenun yang ada di Kabupaten bima dan Kota Bima. Para pengrajin yang ada di dompu bahkan sampai kerja lembur memenuhi pesanan pelanggan.

”Alhamdulillah sarung yang diproduksi tahun lalu pun habis terjual. Stok benang untuk pembuatan sarung selama kurang lebih setahunpun habis,” ujar Ibu Siti pengusaha sarung tenun Dompu.

Ibu 4 orang anak ini memiliki karyawan pengrajin sebanyak 26 orang yang bekerja setiap hari membuat tenunan nggoli. dalam kurun waktu sebulan seluruh stok yang hasilkan karyawannya habis terjual.

Tidak berbeda pula dengan Ibu Nuraini yang hanya memiliki 13 orang karyawan pengrajin ini. Ia bahkan kewalahan menerima pesanan para pembeli akibat kekurangan stok sarung tenun Nggoli.

”Wah para pengrajin sampai lembur mas menyelesaikan pesanan,”ceritanya.
Para pengrajin dan pengusaha tenun sarung nggoli berharap kedepan Pemerintah semakin memberikan perhatian terhadap pengembangan usaha sarung tradisional agar mampu menembus pasar nasional bahkan dunia.

Selain itu juga agar tenunan nggoli bisa semakin dikenal diseluruh indonesia dan dimanfaatkan oleh perancang busana di dunia. Dengan begitu usaha kerajinan sarung tenun tradisional bisa berpartisipasi dalam rangka meningkatkan ekonomi dan pendapatan yang tentu saja berpengaruh pada meningkatnya keuangan daerah.

Bupati Dompu H Bambang M Yasin saat melepas peserta parade katente tembe, saremba tembe dan rimpu tembe mengatakan pemerintah berkomitmen untuk terus melakukan upaya meningkatkan pendapatan masyarakat melalui berbagai aspek sesuai dengan program kerja Pemkab dompu.

”Semua aspek harus kita manfaatkan untuk meningkatkan ekonomi rakyat. Seluruh masyarakat diharapkan terus memacu semangat kerja sebagai bentuk partisipasinya membantu pemerintah,” imbaunya. (Adv)

 

tags:

Related For Raih 3 Penghargaan MURI, Omset Nggoli 1 Tahun Terjual Sebulan