Program Sekolah Gunung Tanam Ribuan Pohon

Sunday, November 19th 2017. | NASIONAL, UMUM
Aksi tanam ribuan pohon Sekolah Gunung kabupaten Dompu NTB

Aksi tanam ribuan pohon Sekolah Gunung kabupaten Dompu NTB

LINTASDOMPU.COM – Puncak kegiatan program sekolah gunung yang luncurkan BNPB melalui BPBD kabupaten dompu melakukan penanam masal di sekiatar wilayah mata air madaprama sebanyak ribuan pohon berbagai jenis diantaranya trambesit, mahoni dan pohon kemiri.

Ketiga jenis pohon itu berdasarkan saran pihak KPH karena diyakini menyelamatkan mata air sesuai dengan salah satu tujuan program sekolah gunung.

Kegiatan yang dilaksanakan 19 November 2017 di desa madaprama kecamatan woja itu melibatkan hampir dua ribu personil yang terdiri dari kalangan masyarakat setempat, PMI, Himpunan pemuda pecinta alam, KNPI, Pemuda Pancasila, FPKT dan sejumlah SKPD pemerintah setempat macam Dinas Lingkungan hidup dan Kehutanan, Dinas Pariwisata, Dinas PUPR,KPH, dan lainnya sebagai relawan.

Sekretaris Daerah Dompu H Agus Bukhari saat memimpin apel seribu relawan sebelum aksi tanam pohon mengatakan pemerintah sangat merespon Program Sekolah Gunung yang digalakkan BNPB melalui BPBD tersebut.

Bahkan Sekda menjamin kegiatan yang ditandai apel siaga dan tanam pohon itu merupakan awal dari aksi yang bakal dilanjutkan setiap tahunnya oleh seluruh SKPD yang ada di Dompu.

“Tentu saja melalui program ini akan banyak melahirkan relawan ditiap kecamatan dan desa yang akan menjadi embrio bagi banyak kalangan untuk menyadari pentingnya menanam,” ujarnya mewakili Bupati yang berhalangan hadir saat itu karena berada di luar daerah.

Menurut dia, Upaya konservasi mata air yang dilakukan BPBD itu mesti menjadi contoh pula yang harus dilaksanakan oleh masing masing SKPD lainnya. Apalagi program tersebut berkaitan pula dengan pengelolaan aspek pariwisata.

“Di Dompu inikan banyak destinasi wisata alam yang harus kita padukan dengan kegiatan ini agar masyarakat bisa memberikan kontribusi dalam membangun daerah”, jelas Sekda.

Hadir pula pada puncak kegiatan itu Kasubdit Mitigasi Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB Robbby Amri dan stafnya Adi Asfirmanto.

Kepada wartawan pria ini mengatakan program sekolah gunung merupakan keberlanjutan dari program Sekolah Sungai dan Sekolah Laut yang sudah dilaksanakan pihaknya beberapa tahun terakhir.

“Konsep program ini dari huli ke hilir, dan Kabupaten melaksanakannya dengan sangat baik karena memilih konservasi mata air,” katanya.

Usai apel, ribuan relawan dan sejumlah pejabat lingkup pemkab dompu, dan Muspida melaksanakan aksi tanam pohon. Sebelumnya, BPBD bersama fasilitator daerah Sekolah gunung melakukan pengembangan komunitas sekolah gunung didesa madaprama sebagai upaya sosialisasi. (tim/red)

Related For Program Sekolah Gunung Tanam Ribuan Pohon