Polres Dompu Perketat Plat Kendaraan

Friday, January 29th 2016. | DOMPU, HUKUM DAN KRIMINAL, UMUM

razia plat motorKepolisian Resor Dompu mulai memperketat pemeriksaan terhadap penggunaan nomor polisi kendaraan baik roda empat maupun roda dua. Hal ini menyusul maraknya penggunaan jenis nomor polisi yang tidak sesuai dengan nomor aslinya.
‘’Kami sudah terima TR dari Kapolres terkait ini,’’ ujar Iptu Arif Abdillah Kasat Lantas Polres Dompu kepada LINTASDOMPU jum’at 29/1 lalu.
Polisi bakal melakukan penertiban terhadap penggunaan nomor polisi kendaraan yang tidak sesuai dengan aslinya tanpa adanya pengecualian terlebih lagi bagi kendaraan dinas.
Menurutnya, hingga saat ini telah banyak kendaraan dinas yang dirubah jenis dan nomor polisi kendaraannya menjadi kendaraan pribadi. Padahal, pejabat publik yang berhak menggunakan kendaraan dinas dengan plat hitam hanya Bupati dan Ketua DPRD saja.
‘’Pejabat lainnya tidak berhak dan kami akan menindaknya,’’ jelas Arif.
Beberapa kendaraan dinas yang dirubah jenis platnya seperti mobil dinas anggota DPRD dan bebeberapa mobil dinas milik pejabat pemkab setempat.
Selain itu tidak sedikit kendaraan pribadi yang menggunakan nomor polisi menyerupai nama pemilik kendaraan.
‘’kendaraan ini jelas kita tindak bila tidak nomornya tidak sesuai dengan surat kendaraan,’’ tukas Arif.
Disamping penertiban nomor polisi kendaraan, satlantas juga tidak segan menindak kendaraan besar bermuatan melebihi kapasitas jalan yang tidak mengantongi ijin seperti halnya kendaraan tronton pengangkut alat berat milik perusahaan.
Apalagi setiap jenis ruas jalan memiliki kapasitas bagi kendaraan sesuai standar ketentuan aturan karena sangat membahayakan bagi pengendara lainnya.
‘’Kita sudah koordinasikan dengan pihak terkait Dinas Perhubungan Telkominfo setempat,’’ Kasat lantas.(iqbal)

Related For Polres Dompu Perketat Plat Kendaraan