Persiapan Penyelenggaraan WPT Belum Terlihat

Monday, March 14th 2016. | DOMPU, KESEHATAN DAN PARIWISATA
Gunung-Tambora Dompu 2016

View of Gunung Tambora Dompu 2016

LINTASDOMPU.COM – Upaya Pemerintah Kabupaten Dompu mempersiapkan berbagai kegiatan penyelenggaraan Wisata Pesona Tambora sampai saat ini belum nampak. Sosialisasi kegiatan-pun sepertinya belum dilakukan dinas terkait.

Jika dibandingkan dengan upaya Kota Mataram yang menjadi Ibu Kota Provinsi NTB, penyelenggaraan agenda Nasional yang dipusatkan di Gunung Tambora itu jauh lebih matang. Pemasangan iklan dan spanduk pada setiap sisi strategis kota menambah semarak upaya sosialisasi pihak Pemerintah Provinsi.

Sementara di Kabupaten Dompu yang menjadi pusat kegiatan, semarak memperingati meletusnya Gunung Tambora yang dirangkaikan dengan HUT Kabupaten Dompu sendiri tidak nampak gaungnya. Kondisi ini menimbulkan asumsi negatif dari banyak kalangan terutama pemerhati pariwisata kepada pemerintah setempat yang terkesan tidak serius mengembangkan potensi-potensi wisata yang dimiliki daerah.

‘’keseriusan pemerintah tidak nampak dalam menyelenggarakan agenda penting ini,’’ ungkap Rena Rismawati salah seorang aktifis lingkungan yang menyempatkan diri menapakkan kaki di bibir kaldera Taman Nasional Gunung Tambora (TNGT,red)

Ungkapan tersebut dilontarkan wanita cantik berdarah Jawa ini saat memperhatikan beberapa titik kota Dompu yang belum ada tanda-tanda sosialisasi Wisata Pesona Tambora. Padahal, dalam waktu yang dinilai sempit ini sosialisasi pemerintah terhadap penyelenggaraan kegaitan tersebut seharusnya sudah berlangsung.

Rena menyayangkan sikap pemerintah yang kurang memberikan perhatian terhadap potensi wisata yang tengah mendunia itu. Menurutnya, TNGT merupakan potensi wisata yang patut dikembangkan karena memiliki nilai dan potensi yang sangat positif serta mampu mempengaruhi perputaran ekonomi masyarakat sekitarnya.

‘’Itupun apabila dikelola dengan baik, contohnya lokasi terjadinya tragedi Wamen ESDM hingga menghembuskan nafas terakhirnya, bisa dijadikan tempat yang menarik bagi wisatawan’’ tukasnya.

Dalam kesempatannya mengunjungi beberapa destinasi TNGT dan sekitar, sosok yang hobi melakukan perjalanan wisata alam ini mengakui keelokan beberapa destinasi wisata TNGT seperti Mada Oi Wau, Nggaro Kalo (kebun pisang) di sekitar pos III Doro Ncanga, Satonda, dan lainnya.

Sayangnya ia belum mengunjungi destinasi wisata lainnya. Namun ibu dua anak ini bakal kembali dalam waktu dekat untuk mengunjungi semua destinasi wisata yang ada di TNGT.

Sementara terkait persiapan pemerintah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Dompu Hj. Sri Suzana, M.Si saat mempresentasikan persiapan kegiatan Wisata Pesona Tambora 2016, mengeluhkan kepada Bupati H. Bambang M. Yasin akan banyaknya kalangan pengusaha dari luar daerah yang menanyakan random kegiatan pihaknya nanti.

‘’Sampai saat ini kami belum memiliki random kegiatan untuk disosialisasikan,’’ keluhnya. (iqbal)

Related For Persiapan Penyelenggaraan WPT Belum Terlihat