Pemkab Optimalkan Persiapan Festival Pesona Tambora

Saturday, March 26th 2016. | FESTIVAL PESONA TAMBORA 2016, PEMERINTAHAN
Tugu Taman Nasional Gunung Tambora, Dompu - NTB

Tugu Taman Nasional Gunung Tambora, Dompu – NTB

LINTASDOMPU.COM – Waktu yang tersisa beberapa pekan lagi dimanfaatkan pemerintah kabupaten Dompu untuk mengoptimalkan persiapan sejumlah agenda tahunan festival pesona tambora. Beberapa SKPD terkait seperti selain Dinas Budpar terlihat berinisiatif mengerahkan jajarannya.

Tidak jarang pejabat Kepala Bidang maupun Kepala Dinas terjun langsung melakukan persiapan. Bupati Dompu yang selalu didampingi Wabup Arifuddin dan Sekda H. Agus Bukhari juga kerap menggelar rapat khusus membahas kesiapan kedatangan Presiden RI JokoWidodo.

Bahkan, untuk memastikan persiapan, pihaknya kerap meninjau lokasi peresmian pabrik gula termasuk melakukan survai lokasi bersama Kadis Budpar Hj. Sri Suzana. Hasilnya, beberapa publikasi kegiatan sejak awal bulan Maret mulai terlihat.

Sejumlah titik persimpangan jalan baliho Festival Pesona Tambora berukuran besar sudah terpampang. Masukan-masukan dari berbagai kalangan mengenai agenda kegiatan tidak luput pula dari perhatian pemerintah.

Seperti halnya agenda pendakian ke bibir kaldera yang semula rencanannya tidak di agendakan justru dipastikan ada, dengan target pengibaran bendera Merah Putih di puncak Gunung Tambora.

‘’Selain persiapan peresmian Pabrik Gula, persiapan seluruh agenda kegiatan kita optimalkan,’’ ungkap Kepala Dinas Kebuadayaan dan Pariwisata Hj. Sri Suzana.

Secara teknis, persiapan yang menyangkut sarana dan prasarana kegiatan di sekitar wilayah Gunung Tambora tengah dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum mulai dari persiapan pengadaan air bersih, WC, sampai pada sketsa lokasi.

Seperti tahun lalu, Kepala Dinas PU Ir. Abdul Muis, M.Si terjun langsung ke Doroncanga untuk memaksimalkan persiapan.

Sejak (Jum’at, 25/3/2016) pria yang ahli dalam bidang perencanaan ini memimpin langsung pembuatan sketsa lokasi kegiatan, pembuatan WC hingga pengeboran sumur dalam.

‘’Masing-masing SKPD memiliki tangggung jawab demi kelancaran kegiatan,’’ tuturnya.

SKPD lainnya seperti Dinas Peternakan, Dinas Pertanian, Dinas Perikanan dan Kelautan, Dinas Perhubungan, Dinas Koperindagtamben, Terlebih Dinas PPKAD yang mengatur seluruh kebutuhan dana masing-masing mengambil peran dalam melakukan persiapan.

Kabag Umum Setda Dompu M. Amin yang bakal super sibuk menyiapkan pelayanan seluruh tamu VVIP nanti juga intens berkoordinasi dengan berbagai pihak yang berkaitan dengan kegiatan berskala Nasional ini.

‘’Kita maksimalkan semua,’’ ujar

 Plt Asisten Administrasi Pemerintahan ini. (Iqbal)

Related For Pemkab Optimalkan Persiapan Festival Pesona Tambora