Pemkab Genjot Aspek Pariwisata

Wednesday, March 16th 2016. | DOMPU, PEMERINTAHAN
Dompu genjot pariwisata

Bupati Dompu H. Bambang M. Yasin pacu pariwisata

LINTASDOMPU.COM – Menjalani masa pemerintahannya pada periode kedua ini, Bupati H. Bambang menargetkan untuk menggenjot aspek pariwisata. Bahkan aspek ini diberikan perhatian khusus dengan berbagai konsep pembangunan untuk mendorong laju perekonomian.

Program Pijar yang telah berhasil memberikan bukti terhadap peningkatan ekonomi rakyat diyakini mampu mempengaruhi percepatan perekonomian masyarakat bila dipadukan dengan aspek pariwisata.

‘’semuanya akan dimanfaatkan menjadi destinasi pariwisata,’’ ujar H. Bambang dihadapan seluruh pimpinan SKPD saat membuka Musrenbang.

Menurut Bupati, lokasi sentral penanaman komoditi unggulan seperti jagung yang kini semakin berkembang akan menjadi destinasi agrowisata yang dapat menarik perhatian banyak wisatawan. Terlebih Pemerintah pusat telah mengeluarkan aturan yang mengijinkan Bulog untuk membeli jagung masyarakat.

Jagung-jagung yang dibeli oleh bulog dari masyarakat menjadi stok jagung nasional sehingga impor jagung bisa ditekan. Selama ini, jagung masyarakat yang dibeli oleh tengkulak dijual kepada pengusaha luar negeri kemudian di impor lagi oleh negara.

‘’Padahal jagung yang di impor itu merupakan jagung milik masyarakat Indonesia,’’ terangnya.

Apalagi dengan diresmikannya perusahaan produksi gula bulan April mendatang, kunjungan wisata di Dompu semakin meningkat karena gula yang diproduksi dengan label Gula Tambora, khusus dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia bagian timur.

‘’Ini semakin membuat Kabupaten Dompu terkenal dan mendapat perhatian dari pemerintah pusat’’ katanya.

Sementara rumput laut, selain menjadi penghasilan masyarakat dari sisi produksi juga dirancang menjadi destinasi wisata bahari.

Yang paling membuatnya berbesar hati, H. Bambang saat ini tengah melakukan negosiasi dengan pihak Bank Islam untuk mengembangkan Lumbung Sapi Halal. Menurutnya, Bank Islam menggelontorkan dana 600 milyar rupiah untuk program ini.

Pengembangan sapi halal ini bukan hanya dipandang dari penyembelihan melainkan juga halal dalam hal sistem perkawinan. Daging hasil pengembangan sapi ini di ekspor hingga ke Timur Tengah. Saat ini H. Bambang bersama Bank Islam tengah membahas lokasi pengembangan sapi halal.

‘’Dibutuhkan 500 hektaare karena program ini sekaligus menjadi destinasi wisata halal terbaik di Indonesia,’’ pungkasnya.

Disisi lain ia berharap populasi penduduk harus menjadi perhatian pemerintah Dompu karena masih mendapat rapor merah berdasarkan data statistik. Dinas terkait dihimbaunya membuat sebuah terobosan yang mampu menjadi solusi terbaik karena menyangkut upaya pemerintah menciptakan percepatan peningkatan kesejahteraan.

‘’Harus fokus bekerja jangan sampai APBD disia-siakan,’’ tegasnya. (iqbal)

tags: ,

Related For Pemkab Genjot Aspek Pariwisata