Pemkab Dompu Siapkan Dana Rp 9,8 M Pembebasan Lahan Pasar Manggelewa dan Pelabuhan Kilo

Monday, October 9th 2017. | PEMERINTAHAN, UMUM

LINTASDOMPU.COM – pembebasan lahan milik warga untuk keperluan pembangunan pasar manggelewa dan pelabuhan nusantara kilo akan diselesaikan pemerintah kabupaten Dompu NTB tahun 2017 ini.

Sejumlah dana Rp 9,8 milyar disiapkan melalui APBD perubahan tahun 2017 untuk pembebasan lahan tersebut agar pembangunan fasilitas masyarakat umum bisa segera dilakukan.

Khusus pembangunan pasar manggelewa terpaksa mengalami gangguan akibat belum dilakukannya pembebasan lahan.

Kontraktor yang mengerjakannya hingga saat ini tidak bisa berbuat banyak karena mendapat gejolak dari pihak pemilik lahan yang belum dibebaskan. Padahal sisa waktu pekerjaan sudah mendekati ambang batas.

“Kita menunggu APBD perubahan baru bisa membayarnya sesuai dengan dana yang tersedia,” ujar Kepala  Bagian Tata Pemerintahan Setda Dompu H Yuhasmin ismail kepada www.lintasdompu.com senin 09/10.

Menurut Yuhasmin, pembayaran akan dilakukan pihaknya setelah adanya hasil kerja lembaga jasa penilaian (Apraisal,red). Bila sejumlah dana tersebut berdasarkan hasil penilaian mengalami kekurangan, pemerintah akan menganggarkannya kembali pada APBD tahun 2018 mendatang.

Sementara untuk pembebasan lahan pelabuhan kilo, Yuhasmin memastikan jumlah areal yang bakal dibebaskan sekitar 35 hektaare yang dimiliki oleh 32 orang warga dan telah bersertifikat.

“Tim penilai ini nantinya akan menentukan kisaran harga yang akan kita bayarkan,” terangnya.

Petugas dari BPN dan bagian tata pemerintahan setda dompu dalam waktu dekat juga akan melakukan kerja lapangan untuk mengukur jumlah luas areal yang akan dibebaskan pada kedua lokasi tersebut termasuk batasan wilayahnya.

Ia berharap kepada sejumlah pihak termasuk masyarakat pemilik lahan dan kontraktor agar bersabar sembari menunggu beberapa tahapan pencairan dana APBD perubahan.

“Total dana itu juga untuk biaya lainnya termasuk membiayai kerja tim penilai dan petugas pengukur,” jelas Yuhasmin. (iqbal)

Related For Pemkab Dompu Siapkan Dana Rp 9,8 M Pembebasan Lahan Pasar Manggelewa dan Pelabuhan Kilo