Pemkab Dompu Kembangkan Jagung Jenis Hibrida Bimauri 19

Friday, March 10th 2017. | PERTANIAN

LINTASDOMPU.Com – Komiditi Jagung yang dikembangkan Pemerintah Kabupaten Dompu pada aspek Pertanian dan Tanaman pangan selama kepemimpinan Bupati H Bambang M Yasin diyakini menjadi faktor penting dalam mengentaskan kemiskinan.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pertanian tanaman Pangan dan PerkebunanKabupaten Dompu NTB melalui Kabid Produksi Tanaman Pangan Sahrul Ramadhan,SP kepada Lintasdompu.com. Menurut ia, Komiditi jagung akan terus dikembangkan pemerintah setempat menyusul semakin tingginya permintaan ekspor jagung ke sejumlah negara tetangga.

Berdasarkan hasil rapat kerja pihaknya dengan Pemerintah pusat belum lama ini, Kabupaten Dompu merupakan salah satu wilayah yang menjadi andalan Indonesia sebagai daerah penghasil jagung.

”Insya allah perhatian pemerintah pusat terhadap daerah ini bakal lebih ditingkatkan terutama persoalan Bibit dan pupuk,” ungkapnya.

Untuk persoalan bibit jagung, mulai tahun ini pemerintah juga mulai mengembangkan produksi bibit jagung dari Badan Penelitian dan pembangunan (Balitbang,red) jenis hibrida Bimauri 19. Jenis ini jelas Sahrul, tidak kalah unggulnya dengan jenuis bibit
hibrida pada umunya.

Pengadaan bibit jagung tahun 2017 oleh pemerintah untuk petani jagung mulai diberlakukan jenis bibit Hibrida Bimauri 19 meskipun hanya 40 persennya. sedangakan 60 persennya masih menggunakan bibit jenis hibrida umum.

”Untuk hasilnya, Petani jangan khawatir karena meski baru jenis bibit ini juga bakal
mengutungkan petani,” terang dia.

Bupati Dompu H Bambang M Yasin pada saat menghadiri Rapat senat terbuka Angkatan IV STKIP Yapis Dompu, menjelaskan angka kemiskinan didaerah Bumi Nggahi Rawi Pahu untuk saat ini mampu mencapai 17,14 persen.

”Itu merupakan pencapaian yang luar biasa dibadingkan dengan kabupaten/kota di NTB,” katanya. (**)

Related For Pemkab Dompu Kembangkan Jagung Jenis Hibrida Bimauri 19