Pemerintah Terapkan Sistem Tanam Jajar Legowo

Sunday, February 5th 2017. | PERTANIAN

LINTASDOMPU.COM – Demi meningkatkan produktifitas tanaman padi petani agar dapat menghasilkan produksi yang cukup tinggi serta memberikan kemudahan dalam aplikasi pupuk dan pengendalian hama penggangggu tanaman, Pemerintah kabupaten Dompu menerapkan sistem pola tanam Jajar Legowo kepada petani setempat. cara tanam seperti ini merupakan salah satu teknik penanaman padi modern yang dapat menekan biaya dan menguntungkan petani.

”Keberhasilan swasembada pangan juga dapat didorong melalui sistem ini,” ungkap Bupati Dompu H Bambang M Yasin kepada seluruh petani di Desa Wawonduru dalam sambutannya saat Lounching gerakan tanam padi dengan mesin transpanter

Menurut H Bambang dihadapan Dandim 1614 Dompu, Kajari dan Kadis Pertanian dan Perkebunan, Kepala BPN dan sejumlah pimpinan SKPD lainnnya, pola tanam menggunakan mesin ”Rice Transplanter” (transplasi padi,red) ini sangat memudahkan petani dalam mempersingkat waktu tanam.

kelangkaan tenaga kerja pun dapat teratasi karena prosesnya semakin efisien. Hal ini, diyakininya menguntungkan petani dari segi pembiayaan. Usai memberikan sambutannya, H Bambang bersama pimpinan SKPD terkait dan Muspida mempraktekan sistem pola tanam terbaru ini.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Ir. H. Fakhrurrazi mengatakan sistem tanam itu bakal diterapkan pihaknya diseluruh wilayah kabupaten Dompu secara bertahap demi memudahkan petani.

”Seiring perkembangan teknnologi, sistem ini sangat bagus untuk petani,” ucapnya kepada Lintasdompu.com.

”Pemerintah akan terus berupaya membantu petani dalam rangka mewujudkan swasembada pangan di negeri ini,” lanjutnya.

Disamping Sistem pola tanam, pemerintah juga telah mengajukan permintaan penambahan jatah pupuk bersubsidi kepada pemerintah pusat untuk petani di Bumi Nggahi rawi Pahu agar persoalan kekurangan pupuk yang menjadi momok petani setiap musim tanam bisa teratasi.

”Insya Allah kita tunggu saja respon dari pusat,” pungkas Fakhrurrazi. (**)

tags: , , ,

Related For Pemerintah Terapkan Sistem Tanam Jajar Legowo