Pembebasan lahan Pelabuhan Kilo di Upayakan Tahun Ini

Monday, May 8th 2017. | DINAS PERHUBUNGAN, KOMINFO, PEMERINTAHAN

KUNKER : Menteri perhubungan RI Budi Karya Sumadi Bersama Bupati Dompu H Bambang M Yasin Usai mengunjungi Lokasi Pelabuhan Nusantara Kilo

LINTASDOMPU.COM – Pembebasan lahan milik warga disekitar areal pembangunan Pelabuhan Nusatara Kilo Kabupaten Dompu NTB diupayakan terselesaikan tahun 2017 ini oleh pemerintah  setempat menyusul adanya kepastian tahun 2018 mendatang mega proyek dari pemerintah pusat itu bakal mulai dikerjakan.

Untuk penyelesaian pembebasan lahan saja, pemerintah Kabupaten Dompu telah menyediakan dana APBD disamping dana yang disediakan pula oleh Pemerintah provinsi melalui APBD I.

”Pembebasan lahan milik warga ini,merupakan tahapan final agar pembangunan pelabuhan bisa segera terlaksana,” Jelas Sekretaris Dinas Perhubungan Julfaidin SH.

Menurut ia, pembangunan pelabuhan nusantara di kecamatan Kilo mendapat perhatian yang luar biasa dari presiden Jokowi untuk memperlancar proses peningkatan ekonomi daerah setempat terutama aspek perdagangan dan industri.

Apalagi sejauh ini, Kabupaten dompu telah memberikan kontribusi penting bagi ekonomi negara melalui hasil jagungnya yang mampu mempengaruhi pemerintah pusat sehingga presiden Jokowi menghentikan impor jagung.

”Setelah pelabuhan Nusantara nanti mulai beroperasi tentu akan banyak peningkatan yang terjadi baik bagu daerah ini sendiri maupun untuk NKRI,”Katanya.

Menghadapi pembebasan lahan, pemerintah meyakini tidak akan mendapatkan kesulitan berarti dari pemilik lahan karena sudah diawali dengan komunikasi yang matang sehingga warga setempat memberikan reaksi yang positif pula. Justru, warga kerap mendatangi pemerintah untuk meminta agar pembangunan pelabuhan bisa segera dimulai.

”Warga disekitar sangat sadar pentingnya kehadiran pelabuhan nusantara untuk kesejahteraan mereka,” tutur Julfaidin.

Setelah pelabuhan nusantara beroperasi nanti pengangkutan hasil pertanian, perkebunan, perikanan,Peternakan dan hasil bumi lainnya yang ada di Bumi Nggahi Rawi Pahu tidak akan lagi menghadapi kendala seperti saat ini sehingga pendapatan daerah pun semakin meningkat.

Akses jalan menuju pelabuhan pun tentu saja akan mengalami perubahan drastis demi kelancaran arus pengangkutan transportasi darat (**)

tags:

Related For Pembebasan lahan Pelabuhan Kilo di Upayakan Tahun Ini