Miris, Di Dompu NTB Hak Pejalan Kaki di Rampas

Kondisi pemanfaatan Trotoar do Dompu NTB

Kondisi pemanfaatan Trotoar di Dompu NTB

LINTASDOMPU.COM – Sebuah perilaku yang dinilai sangat miris rupanya belum mampu dirubah oleh masyarakat dan pemerintah Kabupaten Dompu provinsi NTB. Dikabupaten yang terletak dipulau sumbawa ini, pejalan kaki nyaris tidak mendapatkan haknya menggunakan fasilitas trotoar jalan akibat dipergunakan untuk kepentingan lain.

Pemandangan ini sesungguhnya sudah terjadi sejak lama sekali namun tidak mendapatkan perhatian yang tegas dari pemerintah setempat. Penggunaan trotoar untuk berbagai kepentingan seperti halnya tempat parkir, perluasan areal dagang rupanya disinyalir didukung oleh pemerintah.

Hal tersebut dibuktikan dengan adanya Pembuatan panggung yang berdiri tegak diatas badan trotoar milik Dinas Pariwisata setempat. Kondisi seperti ini juga menambah pamandangan amburadul penataan kota. Bagaimana tidak, dijalur pertokoan sebelah timur Bolly market hingga pasar atas dompu, badan trotoar sudah tidak bisa dimanfaatkan oleh pejalan kaki akibat terhalang sejumlah kendaraan jenis truck yang melakukan bongkar muat barang.

Disepanjang jalan tersebut, bahkan hanya setengah badan jalan saja yang bisa digunakan oleh pengendara. Bukan hanya itu, trotoar dipasar atas bagian selatan pun sudah dimanfaatkan oleh pemilik toko untuk perluasan dagang dan memarkir kendaran pribadi sehingga sama sekali tidak dapat dimanfaatkan oleh pejalan kaki.

“Pemerintah selama bertahun tahun tidak bisa berbuat apa-apa”, ujar Muhammad salah seorang pejalan kaki.

Sikap pemerintah yang terkesan tutup mata ini justru dianggapnya tidak memiliki taring menertibkan itu semua.

Padahal dalam kurun waktu beberapa tahun tarakhir, pemerintah setempat telah mengalokasikan dana milyaran rupiah untum memperbaiki trotoar untuk pejalan kaki.

Warga kelurahan Potu ini berharap agar Bupati Dompu H. Bambang M Yasin segera mengambil sikap menertibkan penyalah gunaan trotoar agar pejalan kaki bisa memanfaatkannya.

“Terlebih, Bupati jangan hanya diam melihat ulah Dinas Pariwisata yang menggunakan badan trotoar untuk penggunanaan panggung karena itu akan menjadi contoh bagi yang lainnya,” imbaunya.

Bupati Dompu H Bambang M Yasin hingga berita ini diturunkan belum dapat ditemui. (iqbal)

Related For Miris, Di Dompu NTB Hak Pejalan Kaki di Rampas