LP2 Samada : Event Tambora Kembali dilaksanakan Biasa Saja

Tuesday, March 19th 2019. | UMUM
Direktur LP2 Samada Muhammad Nur

LINTASDOMPU.COM –  Memasuki tahun ke lima pelaksanaan Event memperingati 204 tahun meletusnya gunung tambora pada tahun 2019 ini, pemerintah kembali mendapatkan kritikan pedas dari kalangan LSM.

Tidak tanggung, kali ini kritikan itu dilontarkan oleh aktifis macam Muhammad Nur Ketua Lembaga pengkajian pengembangan sumber daya alam dan manusia (LP2 Samada,red).

Pria ini menilai, pelaksanaan event tambora hanya akan dilaksanakan biasa biasa saja oleh pemerintah kabupaten Dompu tanpa menghasilkan efek ekonomi bagi masyarakat lokal.

“Seperti biasa, pemerintah hanya bertujuan untuk mendapatkan kwitansi-kwitansi sebagai laporan pertanggung jawaban penggunaan uang saja. Tidak lebih dari itu apalagi mengharapkan event yang istimewa,” tukas pria yang saat ini getol menyuarakan kasus CPNS K2 Dompu.

Menurut ia alasan dirinya melontarkan hal tersebut karena ia melihat dari aspek persiapan selama ini tidak ada yang dilakukan dengan maksimal.

Salah satu contoh, lanjut dia, tidak Adanya keterbukaan informasi soal jumlah dana yang digelontorkan pemerintah dari APBD itu, serta rencana kegiatan yang telah disusun, sejauh ini belum dilakukan sosialisasi padahal kurang dari dua puluh hari lagi kegiatan akan dilaksanakan.

Disamping itu keterlibatan kalangan ekonomi lokal dan ekonomi kreatif sangat terbatas karena semua nya dikerjakan dengan sistem swakelola Pemerintahan.

“Misalnya, pembuatan undangan, sablon baju, konsumsi dan lainnya kerjakan oleh pihak dinas semua. Bahkan banyak lagi kegiatan lainnya,” terang Muhammad Nur.

Ia meminta kepada Bupati Dompu H Bambang M Yasin agar membatalkan kegiatan event tambora  karena terindikasi menghamburkan uang untuk keuntungan beberapa oknum didalam sejumlah SKPD terkait.

“Lebih baik dana itu digunakan untuk kepentingan masyarakat yang sifatnya lebih urgensi,” pinta dia. (AL)

Related For LP2 Samada : Event Tambora Kembali dilaksanakan Biasa Saja