Kurangi Resiko Bencana, BPBD Dompu Terjunkan Personil Pembersihan Sungai

Wednesday, November 8th 2017. | BPBD, RELIGI DAN SOSIAL KEMASYARAKATAN, UMUM

LINTASDOMPU.COM – Sebagai upaya mengurangi resiko bencana alam di musim hujan diakhir tahun ini, BPBD Dompu NTB menerjunkan seluruh personilnya untuk melakukan pembersihan sungai Sorisilo dan sungai karijawa.

Pembersihan sungai yang juga bekerja sama dengan Dinas PUPR Dompu NTB ini agar air sungai tidak meluap akibat tersumbatnya aliran sungai yang ditengarai menjadi penyebab banjir di tiga kelurahan pekan lalu.

“Pembersihan ini berdasarkan hasil rapat koordinasi lintas SKPD sesuai arahan Bupati Dompu,” ungkap Kepala Pelaksana BPBD Drs. Imran kepada lintasdompu.com saat memimpin pembersihan sungai karijawa selasa 8/11.

Pembersihan aliran sungai kerijawa, dilakukan BPBD setelah rampung membersihan aliran sungai sorisilo senin 7/11 kemarin.

Diyakini Imran, bersarkan kajian tehnis sepanjang aliran sungai sorisilo hingga sungai karijawa mengalami kedangkalan yang drastis dan perlu dilakukan normalisasi.
Belum lagi lebar sungai yang semakin lama dipersempit oleh sejumlah bangunan pemukiman.

“Mesti dilakukan normalisasi, sementara pelebaran sungai masih ada kemungkinan bisa dilakukan pada beberapa titik simpul sungai” Jelas Imran.

Pihaknya tengah melakukan upaya untuk mendapatkan tambahan dana normalisasi sungai dari pemerintah pusat dan provinsi disamping kemungkinan adanya dana dari APBD Kabupatem dompu pada tahun anggaran 2018 mendatang.
Ia berharap kepada seluruh masyarakat yang bermukim disekitar bantaran sungai untuk tetap siaga akan bencana banjir dimusim hujan ini.
“Jangan lupa bantu BPBD menginformasikan setiap perkembangan debit air sungai sebagai bentuk kerjasama”, imbaunya. (iqbal).

Related For Kurangi Resiko Bencana, BPBD Dompu Terjunkan Personil Pembersihan Sungai