Kesulitan Dana Mobilisasi, Kapal BPBD 2 Tahun Menganggur

Tuesday, March 22nd 2016. | BPBD, PEMERINTAHAN
Kapal BPBD Dompu Yang Telah Dua Tahun Mangkrak

Kapal BPBD Dompu Yang Telah Dua Tahun Mangkrak

LINTASDOMPU.COM – Kapal evakuasi milik BPBD Dompu yang diperoleh dari bantuan BNPB dua tahun silam terpaksa menganggur diparkiran kantor BPBD setempat akibat tidak adanya dana untuk memobilisasinya ke laut.

Padahal keberadaan kapal evakuasi ini sangat dibutuhkan oleh pemerintah untuk membantu mengevakuasi korban jika terjadi hal yang tidak diinginkan seluruh wilayah perairan Kabupaten Dompu.

Kondisi kapal yang hanya ditutupi dengan sebuah terpal saat ini tidak diketahui lagi karena belum dilakukan percobaan sejak menerimanya dari pusat.

Kapal berkekuatan double mesin itu dilengkapi dengan berbagai peralatan canggih sebagai pendukung dalam melakukan evakuasi. Bahkan pada sisi bawah kapal dipasangi radar pendeteksi dasar laut.

‘’Sampai sekarang kami memang belum memperoleh dana untuk memobilisasinya ke laut,’’ ungkap Kepala BPBD Dompu melalui Kasi Waspada dan Kesiap Siagaan Wan Muhtajun, ST saat ditemui diruangannya Senin 21/03/2016.

Ia sangat menyayangkan keberadaan kapal bantuan BNPB pusat itu yang hingga saat ini masih terparkir di halaman depan kantor BPBD. Pihaknya pernah mencoba mengajukan dana mobilisasi yang dibutuhkan namun tidak mendapatkan persetujuan dari pihak DPRD saat pembahasan angggaran.

Dari hasil perhitungan teknis pihaknya membutuhkan dana sekitar 175 juta rupiah untuk memobiliasasi kapal tersebut. Kebutuhan tersebut untuk membuat trailer yang akan mengangkut kapal dengan bantuan dua roda depan dan dua roda belakang.

‘’Itu termasuk untuk menyewa mesin katrol yang akan menaikan kapal ke atas trailer,’’ jelas Wan Muhtajun.

Menjelang pelaksanaan Festival Tambora dirangkaikan peresmian pabrik gula di Kecamatan Pekat oleh Presiden RI Joko Widodo, rencananya kapal tersebut akan dimobilisasi diperairan Pekat sesuai keinginan Bupati Dompu H. Bambang M. Yasin.

Namun pihaknya belum mendapatkan respon supaya dana itu terealisasi. ‘’Semuanya tergantung kebijakan Bupati,’’ katanya. (**)

tags: ,

Related For Kesulitan Dana Mobilisasi, Kapal BPBD 2 Tahun Menganggur