Kejari Tetap Fokus Tuntaskan Kasus TMD

Monday, March 28th 2016. | HUKUM DAN KRIMINAL
Ada apa dengan Tambora Menyapa Dunia 2015

Ada apa dengan Tambora Menyapa Dunia 2015

LINTASDOMPU.COM – Meski masih dalam proses tahapan penyelidikan, Kejaksaan Negeri (Kejari,red) Dompu tetap fokus untuk menuntaskan kasus dugaan penyelewengan dana kegiatan Tambora Menyapa Dunia (TMD) April 2015 lalu.

Kasus dugaan penyelewengan kegiatan yang menghabiskan uang negara senilai empat miliyar dari APBD Dompu dan satu milyar dari APBD Provinsi NTB itu kini kembali menjadi sorotan publik terutama sejumlah mahasiswa dan LSM di Mataram.

‘’Kita tetap fokus untuk segera menuntaskan kasus TMD ini,’’ ungkap Joko Suryanto Kasi Pidsus Kejari Dompu, (Senin 28/3/2016).

Selain mendapatkan atensi dari pihak Kejati NTB akibat desakan sejumlah elemen, pihaknya sejak awal berkomitmen menuntaskan kasus-kasus yang dilaporkan terutama kasus TMD.

Sampai saat ini, kejari telah memanggil hampir setengah dari jumlah pihak yang bertanggung jawab atas pengelolaan dana TMD Tahun 2015 baik koordinator masing-masing item kegiatan hingga pihak penyedia barang dan jasa sewaktu pelaksanaan kegiatan.

‘’Dalam waktu dekat semua pihak yang berkaitan dengan TMD akan selesai diperiksa,’’ jelasnya.

Kejari setempat memang harus kerja keras dalam menuntaskan kasus TMD yang dilaporkan akhir Tahun 2015 lalu karena banyaknya pihak yang bakal diperiksa dalam tahapan penyelidikan. Meski demikian hal tersebut tidak menyurutkan niat dan semangat kerja penyidik.

Joko berjanji, dalam waktu yang tidak terlalu lama pihaknya segera meningkatkan tahapan penuntasan kasus TMD menjadi status penyidikan setelah semua tahapan penyelidikan rampung diselesaikan pihaknya.

‘’Kami komit koq menuntaskan kasus ini,’’ tukasnya.

Sebagai langkah keseriusan pihaknya, Penghitungan jumlah kerugian negara pun telah dilakukan sebagai salah satu kelengkapan alat bukti pihaknya. Sayangnya, Joko enggan membeberkan total jumlah kerugian negara yang diakibatkan oleh dugaan penyalahgunaan pelaksanaan kegiatan itu.

Joko berharap kepada semua pihak dan elemen agar bersabar dan memberikan kesempatan pihaknya dalam menuntaskan seluruh tahapan proses kasus tersebut.

‘’Yang jelas kerugian negaranya ada sesuai sistem penghitungan kami,’’ tegas Joko Suryanto. (Iqbal)

Related For Kejari Tetap Fokus Tuntaskan Kasus TMD