Jokowi : Panorama Tambora Tak Dimiliki Negara lain di Dunia

Saturday, April 16th 2016. | FESTIVAL PESONA TAMBORA 2016

LINTASDOMPU.COM – Meski kehadiran Presiden RI Joko Widodo ke lereng Gunung Tambora pada puncak acara Festival Pesona Tambora mengalami pembatalan karena harus menghadiri undangan penting dari negara tetangga yang tidak bisa diwakilkan, hal tersebut tidak mengurangi antusiasme Pemerintah Provinsi NTB dan Pemkab Dompu terutama warga untuk mensukseskan acara memperingati HUT Dompu dan meletusnya Gunung Tambora yang ke 201 di Doro Ncanga Kecamatan Pekat Dompu NTB.

menteri LH RI

Zonasi Wilayah Taman Nasional Gunung Tambora (TNGT) Menjadi Target Perencanaan Penataan TNGT

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr. Ir. Siti Nurbaya yang hadir mewakili presiden pada acara kebanggaan Provinsi NTB khusunya Pemkab dan warga setempat itu justru menyemangati kegiatan puncak yang dihadiri puluhan ribu warga dari berbagai daerah di Doro Ncanga.

Dalam kesempatannya, Menteri LH dan Kehutanan menyampaikan beberapa titipan pesan presiden Joko Widodo berkaitan TNGT selama beberapa tahun kedepan. Salah satu pesan penting itu yakni menyampaikan kepada seluruh warga Bumi Nggahi Rawi Pahu soal keinginan Presiden Jokowi yang ingin menjadikan TNGT sebagai tempat wisata yang tidak ada di daerah lain bahkan di negara lain.

‘’Pak presiden berpesan, TNGT akan menjadi destinasi wisata Indonesia yang tidak ada duanya di seluruh dunia,’’ ungkap Menteri LH dan Kehutanan Siti Nurbaya dihadapan tamu undangan dan menurutnya untuk merealisasikan keinginan besar itu, Presiden Jokowi bahkan telah mendesain sejumlah program yang berkaitan dengan Gunung Tambora. Salah satunya yakni menerapkan konsep zonasi untuk wilayah yang ada di TNGT.

Pembagian zona – zona ini tidak luput dari target peningkatan ekonomi rakyat di Kabupaten Dompu khususnya di Kecamatan Pekat.

Dalam kesempatannya itu, Siti Nurbaya meminta dukungan dan kerjasama dari seluruh komponen masyarakat yang ada.

‘’Nantinya warga dapat berbuat dengan tupoksinya masing-masing guna percepatan ekonomi kerakyatan melalui sinergisitas berbagai aspek,’’ terangnya.

Sedangkan Gubernur NTB Zainul Majdi dalam sambutannya pada acara puncak itu berkali-kali memberikan pujian terhadap panorama alam Gunung Tambora yang dikelilingi padang savana dengan pemandangan Teluk Saleh yang memukau sekaligus menjadi penyempurna.

Untuk menduniakan Tambora, Pemerintah Provinsi bahkan bakal memanfaatkan Gunung Rinjani yang sudah dikenal banyak kalangan di Dunia.

‘’Tambora akan kita gandengkan dengan Rinjani, setiap wisatawan berkunjung ke Rinjani, para pemandu wisata diwajibkan memberikan informasi mengenai Tambora,’’ jelasnya.

Zainul Majdi juga menyampaikan dengan gamblang kepada Menteri LH dan Kehutanan mengenai adanya beberapa dokumen penting yang masih menunggu persetujuan pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian LH dan Kehutanan agar proses pembangunan Rababaka Kompleks bisa berjalan lancar sesuai dengan target waktu yang diinginkan.

‘’Bendungan Rababaka Kompleks tinggal menunggu beberapa persetujuan dokumen yang sudah ada dimeja Ibu menteri,’’ jelasnya.

Bupati Dompu H Bambang M Yasin dalam kesempatan itu menyampaikan rasa syukur dan terima kasih mewakili pemerintah setemapt dan seluruh warga atas dukungan pemerintah Pusat dan provinsi dalam membantu berbagai program terutama menyangkut Gunung Tambora.

Pelaksanaan kegiatan Tambora Menyapa Dunia tahun 2015 lalu dan Festival Pesona Tambora tahun 2016 diyakini Bupati H Bambang mampu mengenalkan panorama dan berbagai destinasi wisata yang ada di Gunung Tambora.

‘’Harus diakui, Gunung Tambora mulai dibicarakan oleh banyak kalangan dari luar daerah maupun luar negeri,’’ katanya.

Pada tahun kedepan ia mengharapkan adanya gebrakan baru lagi menyangkut menduniakan pesona Gunung Tambora. (**)

Related For Jokowi : Panorama Tambora Tak Dimiliki Negara lain di Dunia