Jalur Akses Dua Desa di Kilo Lumpuh

Wednesday, March 23rd 2016. | UMUM
Banjir Bandang yang melanda Kec. Kilo Kab. Dompu

Banjir Bandang yang melanda Kec. Kilo Kab. Dompu

LINTASDOMPU.COM – Akibat terjangan banjir bandang yang terjadi di Kecamatan Kilo beberapa waktu lalu, akses dua Desa yakni Desa Kiwu dan Desa Keramat lumpuh total. Bahkan warga yang hendak melakukan aktifitas menuju ibu kota Kabupaten Dompu terpaksa terhambat karena terhalang aliran sungai.

Meski telah dibuatkan jalur alternatif oleh warga sekitar namun intensitas hujan yang lumayan tinggi di daerah tersebut jalur alternatif yang dibuat warga tertutup aliran sungai. Warga harus menunggu debit air sungai turun untuk melaluinya.

Belum lagi, struktur tanah di sepanjang aliran sungai berlumpur, sisa material yang terbawa saat hujan turun sehingga menyulitkan kendaraan roda dua maupun roda empat melintasinya.

Sementara ini, pengangkutan hasil bumi berupa ikan tanaman perkebunan warga dan lainnya belum bisa dilakukan karena sulitnya akses jalan. Warga hanya bisa bergotong royong membuat jalur alternatif bagi para pengguna jalan dengan harapan dapat meminimalisir potensi lumpuhnya perekonomian di wilayah tersebut.

‘’Jangankan kendaraan roda empat yang mengangkut muatan, sepeda motor saja masih sulit melintas,’’ ungkap Toto salah seorang pemuda Kecamatan Kilo.

Warga menghawatirkan dalam waktu yang tidak terlalu lama, petani diwilayah kecamatan Kilo mulai panen tanaman jagung. Kecamatan Kilo merupakan salah satu wilayah sentra jagung milik Kabupaten Dompu.

Bila akses jalan belum bisa mendapatkan solusi, seluruh petani tidak bisa memasarkan hasil jagungnya.
‘’Kalaupun bisa dipasarkan, harganya pasti anjlok karena tidak ada akses jalan, kasian petani jagung,’’ jelas Toto yang juga warga asli kilo.

Dari data yang berhasil dihimpun langsung dilapangan, tujuh jembatan di Kecamatan Kilo yang terdiri dari 3 jembatan di Desa Kiwo yakni Dusun Wae, Dusun Liku dan Dusun Kiwu serta empat jembatan di Desa Kramat yakni Dusun Kramat, Dusun Enca, Dusun Pali dan Dusun Soro Kilo terputus akibat hantaman banjir bandang.

Meski Wakil Bupati Arifuddin bersama Kepala Dinas PU Abdul Muis, Kepala BPBD M. Imran dan rombongan lain telah meninjau beberapa lokasi jembatan yang terputus namun hingga saat ini pemerintah setempat belum melakukan reaksi apapun untuk solusinya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Dompu M. Imran mengatakan pihaknya telah mendapatkan delegasi dari pimpinan daerah untuk melakukan upaya perbaikan sebagai solusinya. Itu akan dilakukan pihaknya dalam tahun ini. Hanya saja, pihaknya masih mengurus administrasi yang berkaitan dengan permintaan dana kepada pemerintah setempat.

‘’Kita ajukan dulu permintaan dananya, semoga proses realisasinya tidak terhalang apapun,’’ ungkapnya. (Iqbal)

Related For Jalur Akses Dua Desa di Kilo Lumpuh