Hina Media Massa, Kejari Dompu di Demo Insan Pers

Wednesday, March 30th 2016. | HUKUM DAN KRIMINAL
demo awak media massa

Aksi Demontsrasi Awak Media Massa di kantor Kejaksaan Negeri Dompu

LINTASDOMPU.COM – Sejumlah awak media massa (Rabu 30/3/2016) siang menggelar aksi demontsrasi di kantor Kejaksaan Negeri Dompu. Reaksi dari insan pers ini akibat adanya ungkapan salah seorang pejabat lingkup Kejari setempat Agus Taufikkurahman, SH Kasi Tindak Pidana Umum yang menghina media massa dihadapan murid SMA.

Penghinaan itu dilontarkan Agus dalam sebuah kegiatan kependidikan bekerjasama dengan Dinas Dikpora setempat saat menjawab pertanyaan salah seorang murid salah satu SMAN soal penanganan kasus hukum yang dianggap tajam ke bawah dan tumpul ke atas.

Pada kesempatan itu Agus mengungkapkan secara terang-terangan bahkan menuding insan media melakukan provokasi melalui pemberitaan sehingga terbentuknya asumsi yang dipertanyakan siswa dan mengakibatkan terbenturnya pemahaman hukum antara masyarakat dengan lembaga hukum.

‘’Agus telah menuding insan pers-lah yang memprovokasi masyarakat dengan lembaga hukum,’’ ungkap Samsudin wartawan Metro Dompu saat berorasi.

Aksi spontanitas yang dilakukan sejumlah wartawan itu dengan beberapa pamflet dan pengumpulan kartu identitas profesi masing-masing di depan teras kantor Kejari setempat untuk mendesak pihak Kejari secara kelembagaan dan pribadi Agus Taufikurrahman segera meminta maaf kepada seluruh insan pers dan media massa yang ada di Indonesia secara terbuka dan dihadapan umum.

‘’Kejaksaan Agung juga harus bertanggung jawab atas sikap jajarannya ini,’’ ujar wartawan lainnya berorasi.

Beberapa menit menyampaikan tuntutannya, para kuli tinta ini diterima Kasi Intel Kejari Khairil, SH di aula kantor. Mewakili Kepala Kejari Dompu, Khairil pada kesempatan itu menyampaikan permintaan maaf secara kelembagaan.

Sayangnya, meski permintaan maaf didengarkan dan di terima namun seluruh wartawan yang hadir menginginkan permintaan maaf tersebut disampaikan dihadapan umum paling lambat 1×24 jam atau Kamis 31/3/2016.

‘’Momentnya harus ditempat yang sama saat hinaan itu dilontarkan,’’ ungkap Agus wartawan Tambora TV.

Agus Taufikurrahman dalam pertemuan singkat itu tidak mengeluarkan sepatah kalimat apapun. Namun usai hearing, Pria ini menyanggupi permintaan insan pers untuk meminta maaf kepada seluruh wartawan dan media massa yang ada.

‘’Keinginan rekan-rekan akan saya lakukan ditempat terbuka secepatnya,’’ katanya saat diwawancarai usai hearing dengan wartawan. (Iqbal)

Related For Hina Media Massa, Kejari Dompu di Demo Insan Pers