HBY : Jagung Dompu pengaruhi Kebijakan Impor Jagung Nasional

Sunday, January 14th 2018. | PERTANIAN

LINTASDOMPU.COM – Berkat komitmen dan konsistensi petani untuk terus mengembangkan komoditi jagung dari tahun ke tahun serta dukungan pemerintah daerah Kabupaten Dompu NTB, kebijakan pemerintah pusat sanga dipengaruhi oleh jumlah hasil jagung di dompu.

Tahun 2018 ini saja, pemerintah bukan hanya mengurangi jumlah jagung yang selama ini impor dari luar negeri, pemerintah bahkan menghentikannya.

Hal tersebut tidak lepas dari perkembangan komoditi jagung di dompu yang setiap tahunnya mengalami peningkatan.

“Pemerintah sedang merencanakan melakukan ekspor jagung bila komoditi ini stabil dan apalagi mengalami peningkatan hasil,” ujar Bupati Dompu H Bambang M Yasin saat memberi sambutan pada kegiatan Tanam raya program peduli petani Polda NTB minggu 14/1.

Menurut Bupati, dalam kurun waktu selama tahun 2018 ini saja diperkirakan beredar uang hasil jagung senilai 2,1 triliun rupiah dalam kehidupan masyarakat. Jumlah ini sesuai dengan kondisi dan jumlah lahan yang ditanami jagung oleh petani.

Bupati HBY juga dalam kesempatan itu menceritakan hasil rapat pihak bersama pemerintah pusat, ia menyebutkan harga jagung dikabupaten dompu akan menjadi patokan harga jagung secara nasional.

“Petani yang ada di dompu harus bangga saat ini,”  tuturnya.

HBY mengajak seluruh petani untuk tidak sepenuhnya menggunakan pupuk bersubsidi karena kualitasnya jauh lebih bagus pupuk nonsubsidi.

“Biasanya kalau oake yang gratis hasilnya tidak maksimal,” tandas Bupati Dompu. (iqbal)

Related For HBY : Jagung Dompu pengaruhi Kebijakan Impor Jagung Nasional