Harga Jagung Tembus Rp 3.850/Kg, Petani Mandi Uang

LINTASDOMPU.COM – Berkat konsistensi petani mengembangkan komoditi jagung hingga masa panen 2017, jumlah peredaran uang dikabupaten Dompu NTB diyakini bakal meroket dari tahun sebelumnya.

Bagaimana tidak, untuk hasil panen 2017 ini para petani Bumi Nggahi Rawi Pahu bakal bermandikan uang hasil jerih payahnya menanam jagung karena harga jagung menembus angka 3.850 rupiah per kilogramnya.

Tentu saja hal ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi Bupati Dompu H Bambang M Yasin. Ia kembali mengukir kebanggaan bagi masyarakat petani yang ada diseluruh wilayah kecamatan di Dompu.

”Alhamdulillla tahun ini selain hasilnya melimpah, harga jagung sangat menguntungkan petani,” Ujar Bupati H Bambang saat melakukan safari ramadhan bersama Wakil Gubernur NTB Muhammad Amin rabu 07/06.

Menurutnya, dari hasil penghitungan pemerintah kabupaten Dompu, diperkirakan selama kurun waktu 2017 akan beredar uang senilai 2 triliun rupiah dari hasil penjualan jagung. Jumlah ini sangat fantastis dan membanggakan pihaknya karena telah melampaui angka APBD.

Ia meyakini dengan peredaran uang tersebut pengentasan kemiskinan di Dompu akan semakin cepat. Keberhasilan masyarakat dalam mengembangkan sektor jagung merupakan faktor utama bagi kabupaten dompu mengurangi angka kemiskinan dengan sangat cepat sehingga diakui pemerintah provinsi dan pusat paling akseleratif dibandingkan dengan kabupaten/kota lain di indonesia dalam mengentaskan kemiskinan.

”Ini berkat kerjasama masyarakat petani dan pemerintah terutama kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah sehingga tetap konsisten mengembangkan komoditi jagung,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu pula, dihadapan Wagub NTB dan rombongan, Bupati H Bambang menjelaskan harga kebutuhan pokok selama bulan suci ramadhan tetap stabil tan[pa ada lonjakan yang berarti.
”kami tetap pantau perkembangannya,” terangnya.

Kepala Dinas Pertanian tanaman Pangan dan Perkebunan, Ir Fakhrurrazi kepada lintasdompu.com menerangkan pihaknya bersama instansi terkait tetap konses melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan hasil panen petani pada sektor pertanian dan perkebunan.

”Selamat kepada seluruh masyarakat petani,” pintanya. (**)

tags:

Related For Harga Jagung Tembus Rp 3.850/Kg, Petani Mandi Uang