Enggan Hadiri Upacara, KNPI Tak Akui HUT Dompu ke 201

Monday, April 11th 2016. | DOMPU
polemik hari jadi dompu

Polemik : Enggan Hadir Pada Upacara HUT DOMPU ke 201, KNPI Tidak Mengakui 11 April Sebagai Hari Jadi Kab. Dompu

LINTASDOMPU.COM – Upacara peringatan HUT Bumi Nggahi Rawi Pahu ke 201 di Lapangan Beringin Dompu tidak dihadiri oleh satu orang pun pengurus KNPI yang mengenakan seragam kebesaran pemuda itu. Beberapa orang yang diketahui pengurus DPD KNPI Dompu justru hadir dengan mengenakan seragam Korpri termasuk Ketua DPD KNPI Dompu Putra Taufan dan Sekretarisnya Rihul Rahman.

Ketidakhadiran kaum pemuda pada upacara hari lahir Dompu yang telah ditetapkan secara resmi ini adalah sebagai bentuk protes organisasi besar itu atas penetapan HUT Dompu ke 201 yang tidak sesuai dengan sejarahnya.

‘’KNPI tidak mengakui hari ini merupakan HUT Dompu ke 201,’’ ungkap Putra Taufan Ketua DPD KNPI Dompu kepada LintasDompu.Com

Bahkan, wujud nyata dari penolakan tersebut, pria ini enggan mengikuti upacara. Hal itu telah disepakati bersama oleh pengurus DPD KNPI Dompu lainnya.

Menurut Putra Taufan, hari jadi Dompu hingga saat ini masih menjadi polemik oleh hampir seluruh kalangan. Penetapan hari penting daerah itu, katanya harus ditinjau kembali sesuai dengan kebenaranya berdasarkan sejarah maupun literatur yang jelas dan bisa di pertanggungjawabkan.

Penetapan hari jadi Dompu yang jatuh pada tanggal 11 April dinyatakan Putra Taufan tidak sesuai dengan sejarah Dompu. Hari tersebut merupakan hari meletusnya gunung Tambora dengan dahsyat 201 tahun silam.

‘’Kalau memperingati meletusnya gunung Tambora kami sepakat, tapi bukan HUT Dompu,’’ tukas pria ini.

Ia menghimbau kepada pemerintah agar segera meninjau kembali penetapan hari jadi Dompu itu supaya tidak terlanjur bertahun. Disamping itu, umur 201 yang telah ditetapkan itu sangat ironis karena dengan umur tersebut Bumi Nggahi Rawi Pahu masih berwajah murung seperti saat ini.

‘’Baru beberapa tahun lalu mengalami peningkatan dari berbagai aspek,’’ jelasnya.

Pada sambutan upacara HUT Dompu ke 201, Bupati Dompu H. Bambang M. Yasin mengakui hari jadi daerah yang dipimpinnya itu masih menuai polemik dari berbagai pihak dan elemen kemasyarakatan.

Melalui beberapa media sosial, polemik hari jadi Dompu menjadi tema diskusi yang dengan berbagai menufer analisa sehingga menuai banyak kritikan. (Iqbal)

Related For Enggan Hadiri Upacara, KNPI Tak Akui HUT Dompu ke 201