Dompu di Landa Banjir, Tim Siaga BPBD Cepat Merespon

Tuesday, April 4th 2017. | BPBD

LINTASDOMPU.com – Hujan lebat dengan intensitas tinggi yang terjadi merata diseluruh wilayah Kabupaten Dompu NTB sejak beberapa hari lalu menyebabkan luapan air beberapa titik sungai rawan banjir merendam ratusan rumah warga di tiga kecamatan sekaligus. Untungnya luapan air setinggi 2 meter yang hanya terjadi dibeberapa titik saja, sampai pada pukul 24.00 mulai surut.

Tim siaga bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang sejak siang hari sudah memantau perkembangan debit air sejumlah sungai sore harinya sudah menyiapkan segala peralatan dan perlengkapan untuk menanggulangi hal-halyang terjadi diluar dugaan.

Seperti halnya seorang operator alat berat milik perusahaan kontruksi dan 1 orang lainnya karyawan yang tengah mengerjakan proyek Rababaka kompleks yang terjebak saat ingin menyelamatkan alat berat jenis eksvator dari dalam sungai berhasil diselamatkan dari jebakan terjangan banjir berkat kesigapan tim siaga Bencana BPBD bersama masyarakat setempat dan aparat TNI dan Polri meskipun satu orang diantaranya masih dalam pencarian.

”Hasil identifikasi kami dilapagan, 11 desa/Kelurahan di tiga kecamatan terendam banjir,” ujar Kepala Pelaksana BPBD melalui Kepala Seksi Kewaspadaan dan kesiap siagaan BPBD Dompu Wan Muhtajun ST.

Menurut ia, 11 desa/kelurahan tersebut antaranya di Kecamatan Dompu meliputi Kelurahan Potu, Kelurahan Bada, Kelurahan Karijawa, dan Desa Kareke sedangkan di kecamatam woja banjir merendam Kelurahan Simpasai, Kelurahan Kandai Dua, Desa wawonduru, Kelurahan Montabaru, Desa Baka Jaya, dan Desa Saneo sementara dikecamatan Kilo banjir hanya terjadi di desa kramat saja.

Berdasarkan hasil identifikasi BPBD Situasi terparah terjadi di desa wawonduru. 100 unit rumah warga terendam banjir di dusun rato,dusun wawonduru timur dan dusun wawonduru barat dengan ketinggian ari mencapai 2 meter. Akibat bencana banjir sejumlah infrastruktur mengalami kerusakan berat sepert jembatan penghubung Dusun Legara dan Transad Desa Katua kecamatan Dompu. Jalan lintas kilo di dusun Enca Desa kramat juga mengalami kerusakan parah.

”Termasuk 22 unit sepeda motor karyawan PT Nindya Karya berhasil di selamatkan dan 1 unit eksavator terbawa arus sungai di Desa Saneo,” jelas Wan Muhtajun.

Pihak BPBD untuksementara telah mendistribusi bantuan kebutuhan makanan dan minuman kepada sejumlah korban bencana banjir yang tersebar. Pihak BPBD juga mempersiapkan armada truk tanki untuk menyuplai air untuk membantu proses pembersihan rumah warga dari material banjir.

Wan Muhtajun menghimbau kepada warga agar tetap waspada terhadap cuaca yang tidak menentu dan kemungkinan terjadinya curah hujan tinggi.

”Kami tetap memantau kondisi cuaca berkoordinasi secara intens dengan pihak BMKG Bima,” terangnya. (**)

tags:

Related For Dompu di Landa Banjir, Tim Siaga BPBD Cepat Merespon