Distanbun Dompu Sosialisasikan Program Serelia

Thursday, May 31st 2018. | KOMINFO, NASIONAL, PEMERINTAHAN, PERTANIAN

LINTASDOMPU.COM – Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Kabupaten Dompu bekerja sama dengan Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi NTB menggelar Sosialisasi dalam rangka Pembinaan, Pendampingan, Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Serelia bersama Tim PUD Satgas Pangan dan TNI di Gedung Darma Wanita Kabupaten Dompu, Kamis (31/5/2018) siang.

Selain Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Dompu Ir. H. Husni Tamrin, tampak hadir Kepala Bidang (Kabid) Teknis, perwakilan dari Inspektorat Tim Auditor Internal, Tim TP4D, Dandim 1614/Dompu dan unsur kepolisian, kepala UPTD, koordinator PPL dan sejumlah PPL dari beberapa kecamatan.

Kegiatan tersebut bertujuan memperkecil peluang terjadinya penyimpangan dan taat hukum terhadap pelaksanaan progran pemerintah pusat.

Kabid Tanaman Pangan (TP) Ir. Syahrul Ramadhan, SP, pada lintasdompu.com mengatakan, kegiatan itu dalam upaya memberikan telaah penajaman aspek hukum tentang penyalagunaan kewenangan dan lain-lain terhadap bantuan pemerintah.

Ditemui usai sosialisasi, pria yang akrab disapa Ori Rao kemudian memaparkan peran dan fungsi infastruktur kedinasan dan birokrasi. “UPTD dan PPL beserta Dinas Pertanian sama perannya dengan Bhabinkamtibmas, Kapolres, Inspektorat dan lain-lain, bukan pemilik proyek. Tidak ada beda tugasnya,” katanya.

Menurut dia, kegiatan sosialisasi itu tidak hanya di situ, tetapi berlanjut ke tingkat kecamatan agar pihak-pihak terkait seperti UPTD ikut terlibat ketika ditemukan penyimpangan.

“Kegiatan ini pun akan dilaksanakan di masing-masing kecamatan supaya ketika ada sesuatu hal yang janggal di lapangan, pemerintah pusat melibatkan UPTD juga,” terangnya.

Selain menjelaskan tentang peran dan fungsi serta aturan, Syahrul juga mengajak seluruh lapisan membangun Dompu yang lebih maju. “Membangun Dompu itu tidak bisa dibangun oleh pihak eksekutif atau legislatif saja, atau yudikatif saja, atau wartawan dan LSM saja, tetapi kita semua,” imbuhnya.

Dia juga sangat berharap, terutama Kepala Distambun Ir. H. Husni Tamrin, masyarakat atau pihak manapun, agar memberikan teguran (peringatan) terhadap setiap kesalahan atau kekeliruan pihaknya dalam menjalankan tugas dan kewajiban.

“Kalau kami ada salah, tolong diingatkan. Kalau sudah berkali-kali melakukan kesalahan baru bertindak,” harapnya. (**)

Related For Distanbun Dompu Sosialisasikan Program Serelia