Distanbun : Data Sementara 518 Ha Jagung Dompu Rusak

Wednesday, January 31st 2018. | KOMINFO, NASIONAL, PEMERINTAHAN, PERTANIAN

LINTASDOMPU.COM – Kerusakan areal tanaman jagung di kabupaten Dompu NTB akibat terjangan angin kencang yang melanda sejak senin 29/1 lalu mencapai 518 hektarare.

Jumlah kerusakan itu untuk sementara hanya terjadi pada 4 lokasi Desa/kelurahan diantaranya Desa Serakapi sebanyak 265 hektare dengan klasifikasi Rusak berat 120 hektar, rusak sedang 70 hektare dan ringan 75 hektare.

“Didesa ini paling banyak mengalami kerusakan,” Ujar Ir H Fakhrurrazi Kepala Dinas Pertanian Tanaman pangan dan perkebunan kabupaten Dompu.

Sedangkan Desa Saneo terjadi kerusakan tanaman jagung seluas 159 hektare dan Kelurahan Simpasai 8 hektare. Total kerusakan Tanaman jagung ketiga wilayah tersebut, Berdasarkan data sementara yang masuk tingkatannya bervariasi yakni rusak berat  224 hektare, sedang 199 hektare dan rusak ringan 95 hektar.

“Data Dari wilayah lainnya sedang kami rampungkan,” jelas Fakhrurrazi.

Menurutnya, angin kencang yang melanda sejumlah wilayah kecamatan mengakibatkan tanaman jagung mengalami patah batang.

Hal tersebut tentu saja merugikan petani. Meski demikian pihaknya saat ini tengah melakukan koordinasi untuk mencarikan solusi terbaik bagi petani.

“Kemungkinan jumlah lahan tanaman jagung yang rusak bakal bertambah jika datanya terkumpul semua nantinya,” katanya.
Ia berharap agar petani tidak merasa panik akibat bencana alam yang terjadi ini. Pihaknya terus melakukan pendataan untuk mengetahui jumlah lahan yang rusak.

“Koordinasi tingkat desa terus kami lakukan,” terang dia.

Pantauan www.lintasdompu.com hingga Rabu 31/1 angin kencang disertai hujan lebat masih melanda sejumlah wilayah kabupaten dompu. (adv***)

Related For Distanbun : Data Sementara 518 Ha Jagung Dompu Rusak