Dishub Tarik Semua Mobil Bantuan BumDes

Wednesday, April 6th 2016. | PEMERINTAHAN
Dishub Kominfo Dompu Tarik Mobil Bantuan Bumdes

Dishub Kominfo Dompu Tarik Mobil Bantuan Bumdes

LINTASDOMPU.COM – 5 dari 7 unit mobil truk bantuan untuk BumDes pada tahun 2009 silam bakal di tarik semua oleh pihak Dinas Perhubungan Komunikasi dan Telekomunikasi Kabupaten Dompu karena dinilai telah disalahgunakan.

Dua unit lainnya kini sudah berada di pelataran parkir kantor Dishub karena mengalami kerusakan. Mobil bantuan itu sebenarnya diperuntukkan kepada desa terpencil sebagai alat transportasi bantuan akibat sulitnya akses transportasi menuju kota.

‘’Itu kan untuk membantu angkutan warga dan hasil pertanian, perkebunan, perikanan dari daerah terpencil,’’ ungkap Kepala Bidang Pengawasan Transportasi M Julfaidin saat berbincang dengan lintasdompu.

Menurut pantauan pihaknya, mobil truk bantuan itu telah banyak disalahgunakan oleh pihak yang memegang saat ini. Terlebih diketahui beberapa waktu lalu salah satu dari truk tersebut mengangkut kayu keluar daerah.

Julfaidin khawatir semua mobil bantuan itu digunakan untuk hal yang tidak sesuai pemanfaatannya. Disamping itu, pada perayaan Festival Pesona Tambora nanti kendaraan itu dibutuhkan untuk transportasi masyarakat menuju lokasi Doro Ncanga.

‘’Kita sudah siapkan administrasi penarikannya,’’ tukas mantan Kabid Pengawasan Hutan ini.

Selain persoalan mobil truk, Julfaidin pun mengeluhkan tidak adanya peralatan penguji kelayakan kendaraan yang dimiliki pihaknya sehingga sulit menentukan kendaraan layak operasi. Dari data yang dimiliki pihaknya, kendaraan angkutan yang ada di Dompu ditengarai rata-rata tidak layak untuk dioperasikan apalagi mengangkut penumpang.

Akibat tidak meimiliki alat uji kelayakan ini, pihaknya hanya mampu melakukan pengujian manual saja padahal itu tidak diperbolehkan sesuai ketentuan aturan.

‘’Bila tidak memiliki alat uji kelayakan kendaraan maka pemeriksaan kendaraan diambil alih oleh kabupaten/kota lain dan kita kehilangan sumber PAD,’’ jelas Julfaidin.

Ia berharap kepada pemerintah agar menyediakan dana APBD untuk pengadaan alat uji kelayakan kendaraan pada pembahasan APBD perubahan tahun 2016 mendatang karena hal tersebut dinilai urgensi untuk dilakukan. (Iqbal)

Related For Dishub Tarik Semua Mobil Bantuan BumDes