Dana Wisata Pesona Tambora Belum Terealisasi

Friday, March 18th 2016. | PEMERINTAHAN
Bupati Dompu Saat Memimpin Rapat Koordinasi SKPD yang Khusus Membahas Soal Persiapan Pelaksanaan Wisata Pesona Tambora

Bupati Dompu Memimpin Rapat Koordinasi SKPD Khusus Membahas Persiapan Pelaksanaan Wisata Pesona Tambora 2016

LINTASDOMPU.COM – Pelaksanaan seluruh agenda kegiatan Wisata Pesona Tambora rupanya sampai saat ini masih terkendala dana. Anggaran yang diajukan Dinas Budpar Dompu untuk membiayai seluruh kegiatan belum terealisasi oleh pemerintah setempat.

Hal ini bukan akibat tidak adanya dana yang tersedia melainkan pemerintah masih menghitung estimasi biaya seefisien mungkin untuk menghindari penggunaan dana APBD yang boros.

‘’Kita upayakan pakai dana yang sudah ada pada masing-masing SKPD untuk menghindari permintaan rekomendasi DPRD atas penggunaan dana tambahan lagi,’’ ungkap Bupati Dompu H. Bambang M. Yasin pada saat memimpin rapat koordinasi seluruh SKPD lingkup Pemkab Dompu Kamis 17/3/2016.

Sebelum puncak pelaksanaan agenda penting ini, Pemerintah hanya memiliki waktu tersisa kurang dari satu bulan untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Sedangkan persiapan yang dilakukan beberapa SKPD terkait belum nampak.

Dalam rapat yang berlangsung singkat itu sejumlah SKPD memaparkan beberapa persiapan masing-masing termasuk persiapan kedatangan Presiden Jokowi meresmikan Pabrik Gula Tambora. Sementara Bupati H. Bambang menginginkan agar penggunaan biaya bisa diminimalisir namun tidak mempengaruhi optimalisasi kegiatan.

‘’Semua kegiatan yang dilaksanakan harus disiapkan dengan matang,’’ tukasnya.

Hasil koordinasi pemerintah dengan pihak kementerian dan Kompas sebagai pelaksana kegiatan dari pemerintah pusat, jauh hari sebelum peresmian pabrik gula sejumlah titik harus di sterilkan dari kegiatan-kegiatan lain karena menyangkut keamanan tamu negara yang hadir nanti.

‘’Kegiatan lainnya yang sudah diagendakan dalam konsep Wisata Pesona Tambora harus dilaksanakan diluar radius kawasan steril berdasarkan permintaan pusat,’’ jelasnya.

Selain kegiatan yang digelar pemerintah Kabupaten Dompu sejumlah rentetan kegiatan dari panitia Kompas rencananya dipusatkan di Doro Ncanga. Kemungkinan besar, upacara Hari Jadi Dompu yang ke 201 pun digelar di sana.

Itulah sebabnya, Bupati H. Bambang mengurangi beberapa item kegiatan untuk memaksimalkan pelaksanaannya.

Pagelaran tari yang sudah diagendakan lebih awal oleh Dinas Budpar nyaris saja tidak mendapatkan persetujuan untuk dilaksanakan. Untungnya Kadis Budpar Hj. Sri Suzana mampu memberikan beberapa pertimbangan penting kepada Bupati sehingga kegiatan tetap terlaksana.

Ia menghimbau kepada seluruh SKPD terkait agar segera mempersiapkan segala hal yang menyangkut pelaksanaan Wisata Pesona Tambora. (iqbal)

tags: , ,

Related For Dana Wisata Pesona Tambora Belum Terealisasi