Dam Rababaka Jebol, Dompu Terindikasi Krisis Pangan

Friday, April 21st 2017. | PERTANIAN

LINTASDOMPU.COM – Selama kurun waktu tahun 2017 Kabupaten Dompu NTB diperkirakan akan mengalami krisis pangan akibat tidak lancarnya saluran irigasi pengairan yang mengaliri ribuan hektarare lahan pertanian dikecamatan Woja.

Ini disebabkan oleh jebolnya Dam rababaka akibat terjangan banjir beberapa waktu lalu sehingga debit air pada saluran irigasi menurun drastis. Dalam beberapa waktu kedepan areal lahan pertanian bakal mengalami kekeringan.

”Bila situasi ini dibiarkan, akan berdampak pada krisis air bagi lahan pertanian yang ada di kecamatan Woja,” ujar Kepala UPTD Kecamatan Woja Edyson, SP.

Hingga saat ini, kondisi lahan pertanian diakui belum membutuhkan air yang mendesak untuk lahan pertanian yang ada. Dikhawatirkan, bila kebutuhan air petani pada saatnya nanti tidak mampu tercukupi hal ini akan berdampak buruk terhadap hasil pangan nantinya.

Ia meminta kepada pihak dan SKPD terkait agar segera merespon kerusakan dam rababaka yang jebol demi kelancaran suplay air bagi lahan persawahan milik petani. Pantauan langsung Lintasdompu.com, sejak terjadinya banjir yang menyebabkan jebolnya dam rababaka belum terlihat upaya perbaikan dari pemerintah terlebih SKPD terkait.

Selain kesulitan air bagi lahan pertanian, banjir yang terjadi pada sungai rababaka beberapa waktu lalu juga menyebabkan sejumlah pipa air bersih rusak. Hal tersebut menyebabkan pula krisis air bersih bagi warga disejumlah Desa dan kelurahan di kecamatan woja. (**)

tags:

Related For Dam Rababaka Jebol, Dompu Terindikasi Krisis Pangan