Bupati Dompu Inginkan Budaya ”Nggondo Tembe” Mendunia di FPT 2017

Saturday, February 18th 2017. | KESEHATAN DAN PARIWISATA, PENDIDIKAN SENI DAN BUDAYA

REKOR MURI : Pemerintah Kabupaten Dompu bakal memperkenalkan keanekaragaman budaya pada perhelatan FPT 2017

LINTASDOMPU.COM – Pada perhelatan Festival Pesona Tambora (FPT,red) tahun 2017 yang dipastikan dilaksanakan pada April mendatang Bupati Dompu H Bambang M Yasin menginginkan sebuah terobosan budaya Bumi Nggahi Rawi Pahu yang harus dikenal dimata pariwisata nasional maupun manca negara setelah budaya ”rimpu”.

Pria yang dijuluki Profesor jagung itu berniat memanfaatkan FPT untuk mengenalkan berbagai budaya daerah Dompu kepada wisatawan yang diperkirakan bakal membludak pada agenda tahunan nasional.

”Tahun ini giliran budaya ”Nggondo Tembe” yang kita kenalkan pada dunia,” ungkapnya dihadapan seluruh pejabat eselon dan pimpinan SKPD lingkup pemkab Dompu Jumat 18/02 diruang rapat Bupati.

Pada rapat yang membahas khusus soal persiapan pelaksanaan FPT, Bupati H Bambang mendapatkan berbagai masukan dan pemaparan dari masing-masing SKPD menyangkut berbagai persiapan yang perlu dimaksimalkan termasuk beberapa permasalahan dan kendala yang dihadapi pemerintah setempat.

Orang nomor satu di Dompu itu berharap agar seluruh SKPD yang ada terutama Dinas Kebudayaan dan Periwisata mampu menunjukan perannya dalam mempersiapkan segala sesuatu demi kelancaran pelaksanaan FPT.

”Konsepnya harus beda setiap tahunnya. Persiapannya harus matang dan ada gebrakan lebih dari kita sebagai pemerintah sekaligus tuan rumah,” imbaunya.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Dompu H.Ickhtiar dalam pemaparannya berdasarkan hasil rapat pihaknya bersama pihak KOMPAS sebagai Event Organizer (EO,red) yang dipercaya pemerintah pusat untuk menggelar kegiatan itu sebagai pihak ketiga mengatakan Disbudpar dompu telah menawarkan sejumlah agenda kegiatan yang telah disetujui oleh pihak EO.

Hanya saja, budaya Nggondo Tembe harus bahas ulang sebagai pengganti kegiatan budaya Rimpu yang telah mendapatkan penghargaan dari MURI.

”Karena budaya Nggondo Tembe belum sempat dibahas waktu rapat bersama itu,” katanya.

Sejumlah item kegiatan menurut H Ichtiar telah disepakati bersama diantaranya budaya ”Puru jago” (bakar jagung), Bycicle adventure, Trail Adveture, Kareku Kandei, lari marathon, Tarian Tradisional, cera labu dan lainnya. Ichtiar juga rencananya bakal menggagas kegiatan upacara peringatan HUT Dompu pada 11 april 2017 dilaksanakan di sekitar padang savana doroncanga untuk memberikan warna baru dalam peringatan HUT Bumi Nggahi Rawi Pahu.

”Insya Allah tahun ini kita buat beda deh,” pungkasnya.

Kepala Dinas PU Abdul Muis Msi juga memberikan jaminan bakal memaksimalkan ketersediaan kebutuhan air dan toilet dilokasi pelaksanaan kegiatan wilayah doroncanga yang menjadi permasalahan seperti yang dipaparkan pihak Disbudpar.

”Kita akan maksimalkan supaya semua lancar,” ucapnya dihadapan Bupati H Bambang. (iqbal)

tags: , ,

Related For Bupati Dompu Inginkan Budaya ”Nggondo Tembe” Mendunia di FPT 2017