BPBD Suplay Air Bersih Untuk Warga Kecamatan Woja

Tuesday, July 18th 2017. | BPBD, NASIONAL, PEMERINTAHAN, WAKIL RAKYAT (LEGISLATOR)

AIR BERSIH : Satu satunya armada truck pengangkut air milik BPBD Dompu tengah melayani kebutuhan air bersih warga

LINTASDOMPU. COM – Akibat tidak mendapatkan pasokan air bersih sejak beberapa pekan lalu hingga saat ini, sejumlah warga dikecamatan woja terutama di Desa Nowa kabupaten dompu NTB mengalami krisis air bersih.

Kondisi ini sangat memprihatinkan apalagi jika berlangsung dalam waktu yang cukup lama hingga berbulan-bulan.

Untungnya, kondisi tersebut mendapat respon dari Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD, red) Kabupaten Dompu dengan mengerahkan satu-satunya armada kendaraan jenis truk tanki khusus pengangkut air bersih untuk membantu masyarakat.

Meski harus bolak balik mengangkut air dengan jarak yang cukup jauh dengan satu armada saja, upaya itu lumayan memberikan pelayanan air bersih yang cukup untuk warga Kecamatan Woja.

“Kami menerima keluhan warga langsung dari anggota DPRD yang tengah melakukan kunjungan terhadap warga dikecamatan woja”, ungkap Wan Muhtajun ST Kasi Waspada dan Kesiap siagaan BPBD Dompu saat ditemui lintasdompu.com 18/07 siang.

Menurutnya, selama ini pihaknya belum menerima laporan dari pihak Desa yang mengalami kesulitan air bersih sehingga tidak dilakukan upaya apapun. Padahal sejumlah warga saat diberikan suplay air bersih mengaku kondisi tersebut sudh berlangsung beberapa pekan terakhir.

Merespon keluhan tersebutpun BPBD membantu menyuplai air bersih seperlunya untuk urusan rumah tangga sebagai langkah penaggulangan terhadap kesulitan air bersih yang dialami warga.

” Insya allah kami tetap merespon keluhan warga lainnya yang mengalami kesulitan air bersih sebagai upaya penaggulangan,” terangnya.
Mendapatkan suplay air bersih inipun puluhan warga terlihat kegirangan sembari mengantri mendapatkan air bersih secukupnya.

“Alhamdulillah cukup untuk keperluan rumah tangga, semoga upaya ini terus berkelanjutan,” harap Sarinah salah satu warga nowa.
Anggota DPRD Dompu fraksi Nasdem Muhammad Ikhsan memberikan aplus terhadap kinerja pemerintah setempat khususnya kepada BPBD dalam memberikan pelayanan sebagai upaya penanggulangan setiap bencana yang dialami warga.
“ini juga kan bagian dari bencana yang tengah dialami warga,” kata Ketua Fraksi Nasdem ini.

Ia berjanji persoalan kebutuhan air bersih warga tersebut akan menjadi agenda utama pihaknya dalam pembahasan bersama pihak eksekutif nantinya.

Sejak beberapa bulan terakhir beberapa wilayah dikecamatan woja mengalami kesulitan air bersih. Hal ini ditengarai oleh rusaknya jaringan perpipaan milik PDAM akibat diterjang banjir.

Meski demikian pantauan langsung lintasdompu.com sudah ada aktifitas perbaikan terhadap jaringan perpipaan di dusun kemudi. Jaringan pipa tersebutlah yang menyebabkan suplay air bersih untuk warga kecamatan woja terhambat. (**)

tags:

Related For BPBD Suplay Air Bersih Untuk Warga Kecamatan Woja