BPBD Sosialisasikan Program Sekolah Gunung

Thursday, October 12th 2017. | BPBD

LINTASDOMPU.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Dompu NTB mensosialisasikan kegiatan Sekolah Gunung yang menjadi program pemerintah pusat melalui BNPB bekerja sama dengan kementerian Pariwisata, Kehutanan dan beberapa lembaga pemerintah lainnya.

Program sekolah gunung yang di akan dilaksanakan selama 3 tiga hari di dompu nanti merupakan program pengurangan resiko bencana yang bertujuan mengelola sumber daya alam secara rasional supaya dapat dimanfaatkan untuk kelangsungan hidup masyarakat.

“Pemanfaatan ini paling besar peluangnya pada aspek pariwisata. Selain meminimalisir resiko bencana kita bisa menjadikan daerah rawan bencana menjadi lokasi wisata,” ungkap Sekretaris Daerah H Agus Bukhari saat membuka Sosialisasi Sekolah gunung.

Menurutnya, melalui sekolah gunung banyak daerah rawan bencana yang dapat dikelola menjadi lokasi wisata bagi masyarakat. Dengan begitu, masyarakat yang bermukim disekitarnya akan mendapatkan keuntungannya.

Puncak kegiatan program sekolah gunung nanti akan diwarnai dengan aksi penanaman 1000 pohon di lokasi lahan Madaprama.

“Lokasi madaprama dipilih sebagai langkah penyelematan terhadap mata air untuk kelangsungan hidup masyarakat disana. Supaya debit air disana nantinya bisa semakin meningkat,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Dompu Drs. Imran M Hasan dihadapan peserta sosialisasi yang terdiri berbagai elemen masyarakat.

Sosialisasi Sekolah Gunung yang dilaksanakan di gedung PKK itu juga dibarengi dengan penyampaian materi oleh 3 orang narasumber yakni H Agus Bukhari, Imran M Hasan dan Muhammad Ikhsan S.Sos. (**)

Related For BPBD Sosialisasikan Program Sekolah Gunung