BPBD Gelar Piket Siaga Bencana 50 Hari

Thursday, June 1st 2017. | BPBD

LINTASDOMPU.COM – Mengantisipasi terjadinya bencana di kabupaten Dompu NTB, Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat menggelar piket siaga bencana selama 50 hari dari tanggal 07 mei hingga 17 Juli 2017.

Kegiatan rutinitas tahunan ini digelar dalam rangka mengantisipasi terjadinya bencana secara tiba-tiba sehingga bisa segera dilakukan penanganan agar mengurangi tingkat resiko terhadap korban bencana.

”Ini juga sebagai langkah waspada internal kita dalam menghadapi bencana yang terjadi secara tiba-tiba,” ungkap Kepala Pelaksana BPBD Dompu Drs. Imran saat ditemui diruang kerjanya.

Menurut Imran, dalam agenda piket siaga ini, ia hanya melibatkan seluruh personil BPBD yang ada dengan melakukan pembagian Sift siang dan sift malam termasuk petugas pemantauan radio yang disiagakan untuk mengakses informasi aktual dari berbagai wilayah terutama wilayah rawan bencana.

Pada lokasi sejumlah titik rawan bencana telah ditepatkan pula personil yang melakukan pemantauan secara bergantian bahkan pada setiap kecamatan yang ada.

”Kita tidak ingin lengah dalam menghadapi bencana apalagi pemerintah pusat dan provinsi telah menetapkan kabupaten dompu sebagai daerah siap menghadapi bencana,” tandas Imran.

Disamping itu, pihaknya juga telah menyiapkan berbagai logistik yang ada sebagai langkah penanganan korban seperti selimut, kebutuhan pokok hingga tenda pengungsian.

”Semuanya kita siapkan termasuk 3 jenis perahu yang siap diangkut jika diperlukan untuk melakukan evakuasi,” papar mantan camat Hu’u ini.

Ia berharap adanya kerjasama dari seluruh elemen masyarakat dalam membantu pihaknya memberikan informasi aktual jika mengetahui terjadinya bencana diwilayah hukum Kabupaten dompu supaya penanganan cepat dilakukan. (**)

Related For BPBD Gelar Piket Siaga Bencana 50 Hari