BPBD Dompu Siapkan Tim Siaga Bencana

Thursday, December 8th 2016. | BPBD, DOMPU, PEMERINTAHAN

bpbd dompu siaga bencanaLINTASDOMPU.COM – Intensitas hujan tinggi yang selama sebulan terakhir di wilayah Kabupaten Dompu NTB, memaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah setempat membentuk tim siaga bencana sebagai langkah antisipasi awal terhadap kemungkinan bencana banjir dan lainnya terjadi.

Tim Siaga Bencana yang terdiri dari banyak komponen dengan tupoksi masing-masing itu juga telah di setujui oleh Bupati Dompu H Bambang M Yasin melalui Surat Keputusan yang telah di tandatangani beberapa hari lalu.

‘’sejak di SK-kan tim selalu siaga termasuk memantau perkembangan seluruh air sungai yang ada terutama titik rawan,’’ ujar Kepala BPBD Dompu M Imran, S.Sos kepada lintasdompu.com.

Menurut penjelasannya, selama beberapa pekan depan intensitas hujan masih tinggi sesuai informasi yang diterima pihak BPBD setempat dari Badan Meteorologi,Klimatologi dan Geofisika (BMKG,red).

Sementara urusan logistik bencana, pihak BPBD Dompu sudah mempersiapkannya untuk mengantisipasi jika terjadi bencana sewaktu- waktu termasuk kendaraan dan beberapa perahu karet untuk kebutuhan evakuasi.

Meski demikian, Imran berharap agar masyarakat juga dapat membantu tugas tim siaga bencana dalam memberikan informasi yang akurat soal terjadinya bencana supaya tim bisa bergerak cepat nantinya.

‘’Semua kita siagakan,’’ katanya.
Disamping itu selama kurun waktu tahun 2016 BPBD juga telah berupaya meminimalisir terjadinya bencana di beberapa titik sungai dengan melakukan normailisasi dan pembuatan tanggul sebagai langkah antisipasi.

Sejak kabupaten Dompu ditetapkan sebagai daerah rawan bencana di NTB, banyak hal yang dilakukan pemerintah setempat untuk mengurangi tingkat resiko bencana.

‘’Semoga saja musim ini resiko bencana tidak terlalu berpengaruh pada keberlangsungan hidup masyarakat,’’ pinta M Imran. (**)

tags: , ,

Related For BPBD Dompu Siapkan Tim Siaga Bencana