BPBD Dompu : Saksikan Gerhana Matahari Gunakan Kacamata Khusus

kacamata gerhana matahari 2016

kacamata gerhana matahari 2016

Badan penanggulangan Bencana Dompu menghimbau warga yang ingin menyaksikan terjadinya gerhana matahari total pada rabu 09/3 besok agar menggunakan pengaman mata seperti kacamata meskipun bukan jenis kacata khusus.

Hal ini untuk menjaga kemamanan retina mata dari sinar yang dipancarkan saat gerhana matahari. Sinar ini diyakini membahayakan bagi retina mata bila tidak mengguanakan pengaman atau filter. ‘’Usahakan filter dengan bahan kaca yang dilapisi metal,plastik perak Mylar, Black Polymer, atau resin berlapis logam untuk keamanan mata,’’ ungkap Kepala Seksi Kesiap siagaan BPBD Dompu Wan Muhtajun ST.

Menurutnya kerusakan mata akibat sinar matahari disebut solar retinopathy. Solar retinopathy terjadi apabila kita menatap matahari dengan mata telanjang dan dalam waktu lama. Kondisi ini menimbulkan kerusakan retina yang parah tanpa rasa nyeri sehingga pada beberapa kasus penderita tidak menyadarinya.

Pada Rabu 09 Maret 2016 akan terjadi gerhana matahari total dan hanya melalui Indonesia. Banyak warga yang berniat melihat langsung moment berharga ini. Bahkan disejumlah lokasi wisata dan tempat strategis lainnya di Dompu diperkirakan ramai dikunjungi warga.
Untuk mensyukuri moment inipun pemerintah Kabupaten Dompu akan menggelar sholat sunnat Gerhana berjamaah yang dipusatkan di Masjid Raya Baiturrahman Dompu. (iqbal)

Related For BPBD Dompu : Saksikan Gerhana Matahari Gunakan Kacamata Khusus