Bongkahan Batu di Puncak Gunung Nowa Ancam Keselamatan Warga

Tuesday, March 22nd 2016. | UMUM
Ancaman Batu Dari Puncak Gunung Nowa

Ancaman Batu Dari Puncak Gunung Nowa

LINTASDOMPU.COM – Keberadaan beberapa bongkahan besar batu yang terletak di Gunung Nowa bagian selatan sangat membahayakan warga Desa Nowa. Posisi bongkahan batu berukuran besar tersebut tepat berada di atas pemukiman warga.

Kondisi bongkahan pun saat ini mengalami banyak keretakan sehingga nyaris terpecah dari bongkahan utama. Keretakan bongkahan justru dalam jumlah banyak dan kemungkinan berpotensi terpisah dari bongkahan utama hanya dengan satu guncangan gempa berskala sedang.

‘’kami akan meneliti dulu kondisi seluruh bongkahan ini supaya mengetahui kepastiannya,’’ ungkap Wan Muhtajun Kasi Waspada dan Kesiapsiagaan BPBD Dompu saat meninjau lokasi bongkahan batu Selasa 22/3/2016 siang bersama tim yang dipimpinnya.

Menurutnya, untuk sementara bongkahan batu yang berada tepat 500 meter di atas pemukiman warga berjumlah lebih dari empat bongkahan. Dua bongkahan diantaranya memiliki kemiringan sangat terjal dengan jumlah retakan yang sangat banyak.

Sedangkan di bawah dasar bongkahan hanya terdapat tanah yang cenderung terkikis oleh aliran air yang jatuh dari puncak gunung. Sewaktu menanjak menuju letak bongkahan, Tim BPBD menemukan banyak bebatuan kecil yang dipastikan hasil pengikisan saat hujan deras.

Situasi inilah yang dikhawatirkan yaitu bongkahan batu akan menerjang pemukiman warga selain pecahannya yang terlepas dari bongkahan utama.

‘’Hasil deteksi dini, keberadaan bongkahan ini sangat mengkhawatirkan dan perlu dicarikan solusi,’’ jelasnya.

Pada musim penghujan tahun 2015 lalu sebuah pecahan bongkahan batu seukuruan mobil terjun bebas akibat tanah pijakannya tergerus air hujan. Untungnya, pecahan batu itu terhenti tepat 10 meter di atas pemukiman warga.

Meski masih nyaris menerjang pemukiman warga, kejadian tersebut menjadi momok bagi warga sekitar. ‘’Bahkan kami tidak pernah tenang beristirahat karena takut sewaktu-waktu pecahan batu menerjang,’’ ucap Sudirman salah seorang warga. (Iqbal)

Related For Bongkahan Batu di Puncak Gunung Nowa Ancam Keselamatan Warga