Bila Aturan Pemilu Tak Berubah, Dompu Tetap 3 Dapil

Thursday, January 12th 2017. | POLITIK EKONOMI DAN BISNIS

Komisioner KPUD Dompu Suherman

DOMPU – Apabila tidak mengalami perubahan terhadap regulasi aturan tentang pemilihan umum, jumlah Daerah Pemilihan (Dapil, red) di Kabupaten Dompu NTB tidak akan mengalami penambahan pula yakni tetap bertahan pada 3 Dapil saja hingga pemilu tahun 2019 mendatang.
Untuk sementara ini pengusulan beberapa aturan pemilu yang menjadi standar penetapan dapil dipastikannya belum mengalami perubahan.
”Standar kualifikasi wilayah dan jumlah kursi untuk Dapil didompu tidak berimbang disetiap kecamatannya,” jelas Komisioner KPUD Dompu Suherman kepada Lintas Dompu.com 12/01/2017.
Selain itu didalam pemetaan jumlah kursi pada masing-masing dapil sudah diatur dengan menggunakan rumus yang disesuaikan dengan jumlah penduduk. Belum lagi jarak tempuh antara dapil yang juga menjadi bagian dari aturan penetapan dapil.
Penjelasan Suherman menjawab rumor yang kini tengah beredar dikalangan masyarakat setempat termasuk menjadi topik pembicaraan pada media sosial lainnya.
”Konsep penataan Dapil itu dihitung dengan menggunakan rumus meskipun pada dasarnya ada ruang konsultasi publik yang harus juga dilakukan. Mengacu pada aturan yang saat ini berlaku, tidak ada alasan untuk dilakukan penambahan jumlah dapil,” tegas pria ini.
Selain penambahan jumlah dapil, penambahan jumlah kursi legislatif pun dipastikan Suherman tidak akan berubah bahkan hingga pemilu 2021 mendatang bila mengacu pada penghitungan populasi perkembangan jumlah penduduk.
Terkecuali peningkatan populasi penduduk di Kabupaten Dompu sangat pesat selama kurun waktu beberapa tahun kedepan. Itupun kata dia masih dilihat lagi dari berbagai kajian regulasi yang telah ditetapkan pemerintah.
”Soal populasi ini sendiri memiliki pola dan rumus penghitungan pula,” ungkap dia.
Perubahan aturan yang telah diusulkan saat ini untuk pemilu 2019 mendatang hanya terdapat pada perbedaaan penghitungan jumlah perolehan suara untuk masing-masing partai politik. jika dibandingkan dengan aturan lama, penghitungan perolehan jumlah suara yang diusulkan itu sistemnya lebih rasional dan mudah.
”hanya itu saja mungkin yang akan mengalami perubahan dalam aturan pemilu,” kata Suherman. (iqbal)

tags: ,

Related For Bila Aturan Pemilu Tak Berubah, Dompu Tetap 3 Dapil