Bahaya, Kerja Personil Kebersihan Tanpa Safety

aktifitas pemotong pohon di sepanjang jalan yang sangat berisiko dan fatal

aktifitas pemotong pohon di sepanjang jalan yang sangat berisiko dan fatal

LINTASDOMPU.COM – Para personil kebersihan Bidang Tata Kota Dinas PU Dompu yang bekerja memotong sejumlah pohon besar sekitar ruas jalan agar aman bagi pengendara mesti dikhawatirkan. Pasalnya, selama menjalani pekerjaan berbahaya itu, para personil tidak dibekali peralatan keamanan yang mumpuni dari pihak terkait.

Padahal, pekerjaan tersebut dinilai sangat berbahaya bila terjadi kecelakaan bahkan nyawa dari petugas yang bekerja menjadi taruhannya. Kecelakaan yang dialami para personil kebersihan dinilai sangat fatal.

Dari pantauan Lintas Dompu, dari sejumlah aktifitas kerja personil kebersihan tidak satu orang-pun yang mengenakan peralatan pengamanan baik pekerja pemotong yang berada di atas pohon maupun bagi pekerja yang membersihkan hasil pemotongan tersebut.

‘’Ini pekerjaan yang sangat berbahaya seharusnya mereka dilengkapi pengaman’’ ujar Erwin salah seorang warga yang melihat langsung cara kerja petugas kebersihan.

Bukan hanya itu, informasi yang berhasil kami himpun, para personil ini rupanya tidak memiliki asuransi kerja dari jasa asuransi manapun bila kecelakaan menimpa suatu saat. Mereka hanya bermodalkan nyali saat menunaikan tugas karena sudah menjadi kewajiban atas perintah pimpinannya.
Meskipun hingga saat ini belum tercatat adanya kecelakaan fatal menimpa para personil namun pemerintah setempat khususnya Dinas terkait seharusnya menyiapkan sarana dan prasarana pendukung bagi keamanan dan keselamatan kerja.

Banyak warga terutama pengguna jalan menyayangkan aktifitas para personil kebersihan yang memotong pepohonan dipinggir jalan.

‘’Kalau bisa pekerjaan ini dilakukan saat aktifitas jalan tidak sibuk karena mengganggu arus lalu lintas,’’ pungkas Muhammad warga lainnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Abdul Muis M.Si saat ditemui Lintas Dompu mengatakan pihaknya juga turut mengkhawatirkan keamanan kerja personil saat beraktifitas memotong pepohonan. Namun akibat terkendala dana, pihaknya tidak bisa berbuat apapun.

Meski demikian, pembelian sarana dan prasarana perlengkapan keamanan bagi personil kebersihan telah direncakan pihaknya sejak lama.

‘’Termasuk menyediakan asuransi bagi mereka. Semoga ini bisa terealisasi,’’ ungkap mantan Kabid Fisik dan Prasarana Bappeda Dompu ini. (iqbal)

Related For Bahaya, Kerja Personil Kebersihan Tanpa Safety