5 Terdakwa Pembunuhan Lepadi di Tuntut 18 Tahun penjara

Wednesday, March 30th 2016. | HUKUM DAN KRIMINAL
Kasus Lepadi,

Kasus Lepadi, dengan agenda pembacaan tuntutan Jaksa

LINTASDOMPU.COM – Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut 5 orang terdakwa kasus pembunuhan Dafid, warga Desa Lepadi, Kecamatan Pajo, Kabupaten Dompu pada awal Januari Tahun 2016 lalu dalam sidang lanjutan dengan agenda pembacaan tuntutan, (Rabu, 30/03/2016).

Kelima orang terdakwa itu masing-masing Feri Mulyadin, Muhammad Aditya, Muhammad Jia Ulhaq, Supratman alias Digon, Muhammad Rajudul Putra dituntut kurungan penjara selama 18 tahun oleh JPU berdasarkan alat bukti dan fakta selama persidangan yang menjadi pertimbangan hukum.

Mereka secara sah terbukti dan meyakinkan JPU telah melakukan tindak pidana melakukan, menyuruh melakukan, dan turut serta melakukan dengan sengaja dan berencana terlebih dahulu merampas nyawa orang lain sebagaimana diatur dalam pasal 340 KUHP Junto Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.

‘’Tidak diketemukan alasan pembenar atau apapun yang meringankan terdakwa dan harus dihukum sesuai dengan perbuatannya,’’ ungkap JPU Putu Oka Surya Atmaja, SH saat membacakan tuntutan.

Usai mendengarkan pembacaan tuntutan oleh JPU kelima orang terdakwa tidak mengeluarkan pernyataan apapun dan menyerahkannya kepada pengacara.

Tim pengacara yang diwakili Awan Dermawan, SH akan menyampaikan pledoi kliennya pada pekan depan. Setelah sidang ditutup, terdakwa keluar dari ruangan sidang dengan pengawalan ketat oleh aparat kepolisian setempat menuju mobil tahanan dan langsung diangkut menuju lapas.

Sedangkan 1 orang terdakwa lainnya Muhammad Akbar menjalani persidangan terpisah dengan agenda yang sama diruang sidang tertutup karena masih di bawah umur.

Keluarga korban yang hadir pada persidangan merasa puas dengan hasil tuntutan yang dibacakan JPU saat sidang. Keluarga berharap majelis hakim menjatuhkan hukuman setimpal dengan perbuatan kepada seluruh terdakwa.

‘’Bila perlu hukumannya lebih tinggi,’’ ungkap M. Rum perwakilan keluarga korban.

Ia meminta kepada aparat polisi agar segera menangkap dua orang pelaku yang kini tengah berstatus DPO.

Kasat Reskrim Polres Dompu AKP Herman usai persidangan mengatakan pihaknya berkomitmen untuk segara menangkap pelaku. Identitas dua orang pelaku M. Saleh alias Cinta dan Ade alias Johan telah tersebar diseluruh jajaran Polri seluruh Indonesia.

‘’Kedua orang ini tidak ada di Dompu dan belum diketahui kepastian keberadaannya,’’ tegas Herman saat dicegat wartawan. (Iqbal)

Related For 5 Terdakwa Pembunuhan Lepadi di Tuntut 18 Tahun penjara